Technology Academy Finland memberikan penghargaan bergengsi bagi “Bapak Linux”. Bagi kalangan IT penghargaan ini dianggap setara dengan penghargaan Nobel.

Linus Torvald, tokoh utama di balik munculnya operating system berbasis open source Linux, didaulat sebagai orang yang memiliki inovasi teknologi yang secara signifikan memperbaiki kehidupan manusia, hari ini, dan di masa depan, sehingga layak menerima penghargaan “Millenium Technology Prize”.

Millenium Technology Prize telah digelar sejak 2004 oleh Technology Academy Finland dan dikelola oleh industri dan pemerintah Finlandia. Penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali ini merupakan penghargaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi. “Millenium Technology Prize” bisa disebut sebagai hadiah “Nobel”-nya dunia teknologi.

“Linux telah menjadi basis dari smartphone Android, tablet, televisi digital, dan superkomputer di seluruh dunia,” ungkap dewan juri yang berasal dari Akademi Teknologi Finlandia, yang menyelenggarakan penghargaan ini.

“Hari ini, jutaan orang telah menggunakan Linux sebagai perangkat untuk bekerja atau untuk kehidupan sosial yang lebih mudah,” tambah dewan juri.

penghargaan ini akan diterimoa oleh Torvalds pada 13 Juni di Helsinki, Finlandia. Selain Torvalds, ada Shinya Yamanaka yang juga menerima penghargaan ini karena jasanya mengembangkan sel induk yang menghilangkan ketergantungan pada penggunaan sel induk embrio untuk riset medis.