Seperti yang dilaporkan oleh thetechblok.com, Nintendo Wii U akan segera dirilis. Sebuah perusahaan retailer game Akihabara Media Land asal Jepang membocorkan sebuah informasi bahwa Ninetendo Wii U akan diluncurkan pada bulan November tahun ini. Sebelumnya, dikabarkan bahwa konsol game ini baru akan tersedia pada akhir tahun ini.

Ninetendo Wii U akan tersedia pertama kalinya di Amerika Utara pada 18 November 2012. Seminggu setelah peluncuran di Amerika Utara, konsol game ini akan mendarat di Jepang. Nintendo diharapkan akan mengkonfirmasi rumor ini dan sekaligus mengumumkan konsol game terbarunya tersebut secara resmi pada ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2012 yang akan berlangsung pada bulan Juni.

“Pasar utama produk terbaru dari Nintendo Wii U ini adalah Amerika, Eropa, Australia, dan Jepang”, jelas Satoru Iwata Presiden dari Nintendo yang dilansir dari xbitlabs.com

Ninetendo Wii U dilengkapi dengan controller yang inovatif. Konsol game tersebut kabarnya menelan biaya sekira USD180 untuk produksi, sedangkan jumlah biaya untuk material dan komponen tidak lebih dari USD50. Konsol game ini didukung dengan prosesor IBM untuk memperkuat konsol mereka dengan menggunakan prosesor 3 inti yang dibuat berdasarkan arsitektur PowerPC CPU. Sedangkan masalah kartu grafis, Nintendo mempercayakan ATI Radeon untuk menghasilkan kualitas gambar yang sempurna. Dengan (Graphics Processing Unit) GPU R700 dari ATI Radeon yang telah mendukung pixel shader 4.1 diharapkan akan menghasilkan kualitas gambar yang sempurna bahkan diharapkan melebihi kualitas gambar dari pesaingnya. Dikabarkan Ninetendo nantinya akan menjual konsol game terbarunya ini dengan harga cukup murah.

Berikut spesifikasi Nintendo Wii  U :

1. Graphics: Custom AMD RV770 Chip “WOLF” @ 766 Mhz on 32nm process 1398 Gflops

2. Memory: 512 MB XDR2 DRAM + 1024 GDDR video memory

3. CPU: Custom IBM Power 6 Chip “FOX” on 32nm process,• 4 cores, each two way SMT – capable and clocked at 3.5 ghz

4. Backwards compatible with 8cm Nintendo GameCube Game Disc and 12 cm Wii Optical Disc

5. Custom Bluray-Disc up to 50 GB

6. Storage: 2.5-inch SATA hard drive with 250 GB/ 320 GB capacity / Expanded storage via SD and SDHC card memory (up to 64 GB)