Wangi yang tercium dari produk-produk yang baru dibuka kemasannya, terkadang menimbulkan aroma tersendiri. Sayangnya aroma itu tidak sanggup bertahan lama. Tak sampai sehari digunakan, aromanya pun hilang menguap di udara.  Tidak terkecuali gadget-gadget canggih milik Apple. 

Hal ini kemudian membuat sejumlah seniman asal Prancis terinspirasi untuk menciptakan aroma parfum khas produk buatan Apple. Pada dasarnya para seniman Prancis ini memang menyukai aroma wangi Apple ketika baru dikeluarkan dari kemasannya. The Greatest Hits, sebutan bagi mereka yang tergila-gila dengan aroma gadget-gadget baru buatan Steve Jobs ini. 

Parfum tersebut bernama Stink Different, bukan untuk dijual, tapi semata-mata ‘hanya’ untuk sebuah proyek seni yang akan dipamerkan di Melbourne, Australia 20 April ini dalam sebuah eksebisi bertajuk “The Greatest Hits” sesuai dengan sebutan mereka. Proyek tersebut dibantu oleh Air Aroma, sebuah perusahaan pembuat parfum asal Prancis. Hasil kreasi mereka kemudian dikemas dalam botol, layaknya parfum pada umumnya. 

“Aroma khusus bisa tercium saat membuka produk Apple yang baru dibeli. Para pecinta Apple akan mengenali aroma ini. Perpaduan antara aroma pembungkus plastik yang membungkus kotaknya, tinta yang tercetak di kardus, aroma komponen-komponen kertas dan plastik dalam kotak dan tentu saja alumunium pada laptop yang didatangkan langsung dari pabriknya di Cina serta  bagi para pembuat parfum profesional itu, menggunakan aroma dari komputer jinjing Apple yang belum dibuka sebagai sumber dan contoh parfum yang akan mereka buat,” papar Air Aroma yang dilansir dari nationalgeographic.com.