Kabar buruk bagi para koruptor, tukang terror dan penggiat perselingkuhan. Karena bukan hanya data, kini rekaman percakapan juga bisa di search dengan engine khusus.

 ARGOsearch dari Calltrunk yang belum lama ini diperkenalkan ke masyarakat telah membuat pencarian rekaman suara menjadi mungkin. ARGOsearch merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya merekam dan mancari data verbal panggilan telepon. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menyimpan data percakapan dari ponsel, sambungan telepon, Skype atau Dictaphone dan mengunduhnya ke sebuah bank penyimpanan online berbasis Cloud. Kemudian jika dibutuhkan, lewat aplikasi ini juga pengguna dapat mencari rekaman pembicaraan melalui kategori tanggal, waktu, serta kata-kata atau kalimat.

Dilansir Digital Spy (19/4/2012), pendiri Calltrunk Paul Murphy menjelaskan, sampai sekarang hal-hal semacam ini sudah menjadi wilayah yang mahal dari perusahaan besar, belum lagi melibatkan banyak sekali perangkat, data center dan sangat rumit. Melalui ARGOserah Calltrunk melakukan perubahan.
 
“Dengan adanya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam, menyimpan dan mencari panggilan yang suatu saat dibutuhkan. Dan inilah cara kami merubah pola pikir tentang percakapan”, pungkasnya. ARGOsearch telah tersedia dalam versi beta di AS, Inggris dan Australia. Pengguna dapat mendaftar melaluiwebsite Calltrunk atau melalui aplikasi mobile.

Memang masalah privasi menjadi pertanyaan yang dihadapkan pada Calltrunk. Terlebih lagi tidak semua member menyadari bahwa percakapan mereka dicatat. Ada kemungkinan yang besar, para pengguna Skype akan merasa khawatir bahwa percakapan mereka kini telah diawasi, terutama ketika Skype beroperasi dengan basis P2P dan tidak menyimpan data komunikasi para pengguna mereka.

ARGOsearch dapat dianggap sebagai sebuah invasi terhadap privasi terlebih jika pemerintah mempertimbangkan untuk memaksa ISP, landline, dan mobile operator untuk menyimpan rekaman panggilan, teks, email, dan kunjungan situs, tapi ARGOsearch benar-benar legal, tidak seperti aplikasi android yang dijual di China yang secara diam-diam mereka semua panggilan telepon selular.

Namun jika software ini berjuang sekeras siri (sistem pengenalan suara untuk iPhone 4S) dalam mendeteksi aksentuasi suara maka sepertinya kita tidak terlalu mengkhawatirkan soal privasi. Tapi buat koruptor dan penggiat selingkuh, sebaiknya perlu hati-hati.