Selama ini Windows hadir dalam banyak versi yang terbagi dalam banyak edisi. Di mana masing-masing edisi memuat perbedaan yang tidak terlalu berbeda. Namun baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan diluncurkan hanya empat versi yaitu Windows 8 bagi pengguna rumahan, Windows 8 pro untuk pebisnis, Windows Runtime (RT) diperuntukan bagi perangkat yang menggunakan chip ARM, dan Windows Enterprise ditujukan untuk perusahaan besar yang membeli dalam jumlah banyak. 

Sementara itu, pihak Microsoft belum merilis detil harga dan jadwal peluncuran Windows 8. Akan tetapi, sejumlah hal sudah terdengar, di antaranya soal nama sistem operasi yang dipastikan akan bernama Windows 8.

“Windows 8 adalah nama resmi produk generasi mutakhir Windows edisi x86/64. Ini akan jadi pilihan yang tepat bagi banyak konsumer,” tulis Communication Manager Microsoft, Brandon LeBlanc melalui blog resminya yang dilaporkan oleh Apple Insider.

Untuk versi Windows 8 Pro di antaranya memuat fitur untuk mengenkripsi sebuah sistem file, manajemen domain, dan virtualisasi. Kemudian Windows RT merupakan nama baru untuk versi sistem operasi yang selama ini disebut Windows on ARM. Versi ini tidak bisa dibeli bebas, karena sudah di-instal langsung pada PC atau tablet yang menggunakan prosesor ARM. Windows RT akan dilengkapi versi khusus yang berorientasi sentuhan untuk Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. 

Dan Windows 8 Enterprise di dalamnya memuat semua fitur yang ada di Windows 8 Pro ditambah fitur-fitur yang dibutuhkan dalam manajemen dan penyebaran PC, fitur keamanan tingkat lanjut, virtualisasi, dan banyak lagi.