Seperti yang dikabarkan dari thenextweb.com, pekan depan Google Drive akan merilis layanan terbarunya khususnya untuk pengguna Mac, Windows, Android, dan iOS. Konon katanya, layanan ini dapat diperoleh secara gratis dengan media penyimpanan 5GB.  Ini artinya dengan menggunakan media Google Drive akan memudahkan pengguna mengakses media penyimpan virtual tersebut dengan cepat. 

Layanan tersebut digadang-gadang memiliki kemiripan dengan Dropbox. Layanan ini memungkinkan pengguna menyimpan file-file data ke server berbasis awan, dan memungkinkannya pula untuk diakses via komputer atau pun perangkat mobile. Sebelumnya juga Google Drive pernah menawarkan penyimpanan gratis 1GB. Namun, melihat bocoran konsep yang dimiliki oleh TalkAndroid, akhirnya Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan awan hingga 5 GB secara cuma-cuma.  

Sementara itu, untuk mengakses nantinya bisa dilakukan melalui akun Gmail, namun masih menampilkan tampilan error yang mengatakan bahwa Google Drive belum tersedia untuk akun tersebut. Aplikasi Google Drive ini juga mendukung layanan native untuk berkas Google seperti Gdraw dan Google Docs.

(Fauzan Jamaludin)