Sebuah bank regional di Jepang akan memperkenalkan mesin teller otomatis atau Automated Teller Machine (ATM) tanpa kartu. Para nasabah bank yang berkantor pusat di perfektur Gifu, sebelah barat Tokyo itu hanya perlu menempelkan telapak tangan mereka untuk menarik uang di ATM. 

Dilaporkan oleh AFP yang dilansir dari JPNN.com menerangkan, bank bernama Ogaki Kyoritsu itu akan meluncurkan 12 ATM yang dilengkapi dengan skanner biometrik telapak tengan pada bulan September mendatang. Tahun depan, lebih banyak lagi ATM canggih tersebut juga akan diluncurkan di beberapa wilayah di Jepang.

Ide ini muncul untuk merespon ribuan orang yang selamat dari tsunami tahun lalu yang tak bisa mengakses akun bank mereka selama berbulan-bulan hal ini disebabkan kartu ATM dan KTP yang hilang. Di Jepang, hal semacam ini bukan hal baru. Pada Desember lalu, Kraft mengeluarkan mesin yang menggunakan pindai biometrik untuk ‘membaca’ usia dan jenis kelamin orang yang berdiri di depannya untuk melayaninya. 

Menurut pihak bank, sistem yang sama sekali tidak memerlukan kartu atau buku tabungan ini sangat berguna, terlebih dalam kondisi darurat seperti bencana dan di seluruh dunia pun masih sedikit bank yang sudah memakai ATM yang menggunakan identifikasi biometrik tanpa menggunakan kartu ATM dan buku tabungan. 

Pihak dari Ogaki Kyoritsu mengatakan, mereka akan menjadi bank kedua di dunia yang menggunakan sistem biometrik pada ATM mereka setelah sistem yang sama pertama kali diperkenalkan oleh Bank Ziraat yang dikenal sebagai bank terbesar milik pemerintah Turki. ATM ini akan mulai dioperasikan pada akhir bulan September 2012 di sepuluh cabang dalam wilayah Gifu, Aichi, dan Mie. Kemudian secara bertahap akan diimplementasikan juga ke wilayah-wilayah lainnya. 

(Fauzan Jamaludin)