Ajang bergengsi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kembali diselenggarakan di tahun ini. Indonesian ICT Award (INAICTA) merupakan kompetisi yang diadakan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2007. Tahun ini mengangkat tema “creativity breakthrough” yang tercermin sebagai terobosan-terobosan di bidang TIK dalam mendorong kreativitas anak bangsa. 

Sebagaimana diungkapkan oleh Adwin Sasongko Direktur Jendral Aplikasi Informatika, “kami berharap karya-karya di INAICTA dapat menjadi terobosan di bidang TIK khususnya dalam mendorong kreativitas anak bangsa sehingga bangsa ini mampu menjadi negara yang terkenal melalui produk dan kontent TIK yang berkualitas dan berdaya saing tinggi”, ujarnya.

INAICTA menargetkan peningkatan 50 persen jumlah peserta di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 1.766 pendaftar yang diseleksi secara ketat sehingga hanya terjaring 900 hasil karya saja. Lomba ini nantinya dapat diikuti dari mulai tingkat pelajar (SD, SMP, SMA/SMK), mahasiswa, maupun kalangan penggiat dari sektor tersebut. Ketua panitia INAICTA A. Haryawirasma mengatakan bahwa kompetisi yang telah berlangsung dari tahun 2007 itu memperlihatkan perkembangan yang sangat baik di bidang TIK. 

Pendaftaran INAICTA 2012 dimulai pada 28 Mei 2012 dan ditutup pada tanggal 2 Juli 2012. Setelah itu, proses penjurian tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 4 Agustus 2012 dan penjurian terakhir pada tanggal 12 dan 13 September 2012. Bagi pemenang selain mendapatkan benefit secara materi, ada juga pembinaan supaya memiliki nilai jual. 

(Fauzan Jamaludin)