Sadar BlackBerry tidak akan mendominasi pasar ponsel pintar lagi, Research In Motion (RIM) pun sedikit mengubah haluan. Selasa (3/4) lalu, RIM merilis software server versi pertamanya untuk mengelola perangkat mobile perusahaan lain, dalam hal ini berarti iPhone dan Android.

Software bernama BlackBerry Mobile Fusion ini dapat digunakan oleh perangkat Android dan berbasis iOS serta ponsel BlackBerry dan tablet PlayBook. Bagi Vice President RIM Alan Panezic, teknologi ini bisa membantu dunia bisnis dalam mengelola komunikasi. 

Jika karyawan memiliki sistem operasi ponsel pintar yang berbeda, maka perusahaan hanya perlu menggunakan BlackBerry Mobile Fusion dan dapat menekan biaya operasional. BlackBerry Mobile Fusion dapat diunduh secara gratis, namun penggunaannya dikenakan biaya. Dengan US$99 per tahun atau $4 per bulan per ponsel, software server ini sudah bisa digunakan. 

Selain mengumumkan software baru tersebut, RIM juga mengumumkan jumlah aplikasi yang aada di tablet PlayBook sudah mencapai 15 ribu. Masih jauh di bawah para pesaingnya. Survei terbaru dari Appcelerator dan IDC mengungkapkan sedikitnya jumlah aplikasi yang ada di BlackBerry karena kurangnya minat para pengembang aplikasi.

Dalam survei disebutkan bahwa hanya 16 persen pengembang aplikasi yang berminat membuat aplikasi di sana. Jauh berbeda dengan minat pengembang menciptakan aplikasi di iOS, yakni 90 persen dan Android, yakni 80 persen.

Sedangkan jumlah aplikasi di BlackBerry App World Store sudah mencapai 70 ribu, masih tertinggal dari aplikasi iPad yang sudah mencapai 200 ribu dan aplikasi untuk iPhone yang mencapai setengah juta aplikasi.

Usaha RIM dalam memasuki bisnis server multiplatform ini bisa dibilang strategi yang masuk akal, mengingat jaringan server BlackBerry yang dikenal aman. Dengan adanya software tersebut, perusahaan dapat mengontrol, membloking atau justru mendorong akses ke beberapa aplikasi tertentu. 

Meskipun demikian, ketertinggalan BlackBerry dalam jumlah aplikasi menjadikan banyak perusahaan menyewa layanan manajemen dari pihak ketiga seperti Good Technology atau Mobile Iron yang memiliki fungsi yang sama dengan BlackBerry Mobile Fusion.