Setelah beberapa bulan rumor aplikasi Instagram versi Android beredar, akhirnya aplikasi photo-sharing tersebut diluncurkan di Google Play Store hari ini (4/4).  Sebelum peluncuran hari ini, Instagram mengklaim sudah ada lebih dari 430 ribu pengguna Android yang berada dalam daftar tunggu pada konferensi SXSW dua minggu lalu.

Instagram versi Android ini kompatibel untuk sistem operasi Android 2.2 ke atas, namun sayangnya tidak bisa digunakan di semua tablet Android. Secara visual, tampilan versi ini sama saja dengan aplikasi di iOS. Namun di Android, Instagram lebih mudah digunakan karena tidak adanya tools dan fitur tambahan. Dengan begitu UI-nya sederhana dan tidak membingungkan.

Meskipun demikian, masih ada beberapa bug yang harus diperbaiki. Aplikasi Instagram di HTC One X dikabarkan tidak bisa bekerja. Instagram segera membuat update, namun ternyata masih belum bekerja maksimal. Diperkirakan prosesor Tegra 3 milik HTC yang membuat aplikasi ini tidak bekerja. Padahal di ponsel HTC One S aplikasi ini berjalan dengan baik.

Sebelum tiba di Android, Instagram  merupakan aplikasi yang sukses di iOS dengan 30 juta pengguna aktif. Setelah menluncurkan versi Android, dikabarkan Instagram akan meluncurkan versi Windows Phone secepatnya.