Firma riset Berg Insight mengeluarkan laporan terbaru yang memprediksi ponsel berteknologi Near-field Communication (NFC) akan mulai dilirik tahun ini. Berg mengatakan bahwa pasar global ponsel ber-NFC akan tumbuh hingga 100 juta unit hingga akhir tahun ini. 

Analisis ini didasarkan pada fakta makin banyaknya vendor yang merilis ponsel jenis ini. Hingga 2011 saja, setidaknya sudah ada 40 model ponsel memiliki teknologi NFC. Dengan kondisi seperti ini, harapan akan berkembangnya penggunaan mobile payment makin besar. 

Teknologi NFC memungkinkan pertukaran data secara wireless hanya dengan mendekatkan ponsel ke sensor, beberapa sentimeter saja. Dengan begitu ponsel dapat digunakan untuk membeli barang-barang. Menyimpan tiket elektronik, mengunduh musik dan bertukar foto dan kartu bisnis. 

Berg Insight juga menyatakan bahwa penjualan ponsel NFC tahun lalu mencapai 30 juta unit. Nantinya diperkirakan akan ada 700 juta unit ponsel ber-NFC yang terjual pada 2016 mendatang. Sejauh ini NXP Semiconductor menjadi manufaktur chip NFC terbesar, diikuti dengan Inside Secure.