Nama perusahaan game OMGPOP wara-wiri dalam seminggu terakhir di dalam dunia maya. Apalagi kalau bukan karena start-up ini baru dibeli si raksasa game sosial Zynga dengan US$180 juta.  Keputusan Zynga didasari dari game terakhir buatan OMGPOP, Draw Something. Game tersebut baru berumur tujuh minggu namun begitu populernya sehingga sudah diunduh 35 juta kali dan sudah ada 1,5 miliar gambar dibuat.

Ternyata Draw Something telah menyelamatkan OMGPOP yang hampir bangkrut. Konsepnya sederhana, yakni membuat sketsa yang mengilustrasikan kata atau frase seperti ‘bintang laut’ atau ‘kolam renang’ kemudian diminta untuk ditebak oleh teman.

Awalnya OMGPOP berdiri bukanlah sebagai perusahaan game. Sekitar enam tahun yang lalu, salah satu pendirinya bernama Forman pernah, mendirikan situs kencan I’m In Like With You. Kemudian ia menamai perusahannya OMGPOP setelah situsnya cukup laku saat itu dan resmi beroperasi pada Desember 2008.

Mereka berhasil menarik investasi hingga US$ 17 juta dan membuat 35 buah game, namun sayang usaha mereka tidak berjalan mulus. Bahkan dikabarkan mereka sudah kehabisan uang pada Mei mendatang dan seharusnya sudah berhenti beroperasi bulan ini jika bukan karena Draw Something.

Konsep Draw Something sendiri awalnya dibuat oleh Forman dan COO OMGPOP, E.J. Mablekos. Keduanya membuat game web-based bernama Draw My Thing. Tak lama kemudian, setelah Forman keluar dari perusahaan tersebut, penggantinya Dan Porter, mengembangkan game itu lebih luas. Porter sendiri mendapat ide setelah bermain lempar-tangkap bola dengan anaknya dan teman anaknya. Menurut Porter, begitulah seharusnya game: bekerja sama untuk mencapai sesuatu target.

Pada hari rilisnya, sudah ada 30 ribu kali unduhan. Menurut Porter, angka itu belum terlalu bagus. Namun sepuluh hari kemudian, jumlah unduhan meroket hingga menyentuh angka satu juta. Di Twitter dan Facebook, sudah mulai terlihat posting Draw Something. Aplikasinya di Apple App Store juga ikut terdongkrak naik sehingga makin populer. 

Angka unduhannya makin cepat dan ternyata menarik minat para eksekutif Zynga untuk mengajukan penawaran pembelian start-up tersebut. Zynga bergerak cepat dan kesepakatan tersebut diumumkan pada Rabu lalu.