Menurut Chairman sekaligus CEO Microsoft China, Simon Leung, sistem operasi  Windows Phone, akan melampaui penggunaan iOS di pasar China. Tentunya target jangka panjang berikutnya adalah melampaui Android. 

China digadang-gadang akan menjadi pasar ponsel pintar terbesar di dunia pada 2012, sehingga tentu saja persaingan menjadi makin ketat. Pengapalan ponsel pintar akan naik 52 persen hingga mencapai 137 juta unit sampai akhir tahun ini. 

Menurut Simon Leung, startegi pertama adalah menurunkan harga jual produk hingga kisaran seribu yuan atau setara dengan US$158. Disebut-sebut HTC Eternity akan menjadi produk pertama yang menggunakan Windows Phone di China.

Menurut IDC China, Windows Phone masih berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 7,5 persen di China. Sistem operasi iOS milik Apple di posisi kedua dengan 12 persen dan Android berada di puncak dengan 70 persen. 

Sementara itu target Leung adalah mengguli Apple pada akhir tahun dengan total 15 persen dari pangsa pasar sedangkan iOS diperkirakan hanya akan naik satu persen. Semantara Android akan berkurang hingga 66 persen. Target ini mengacu pada riset IDC. 

Pada 2016, pangsa pasar Windows Phone diperkirakan akan mencapai 20 persen. Dengan angka itu, Windows Phone akan mengungguli iOS yang hanya 16 persen namun masih jauh di bawah Android yang mencapai 60 persen. 

Namun laporan IDC tersebut rupanya digoyahkan dengan laporan lembaga riset lain, Flurry. Flurry justru menyatakan bahwa China merupakan negara dengan aktivasi aplikasi iOS dan Android terbesar kedua di dunia setelah AS dan mungkin akan menjadi negara pengadopsi ponsel pintar terbesar di dunia.

Flurry mendasarkan pada pertumbuhan sesi penggunaan aplikasi di dunia, dimana antara kuartal pertama pada 2011 hingga kuartal pertama 2012 China mengalami pertumbuhan paling pesat, yakni 1126 persen.

Selain itu, Flurry juga menyatakan bahwa aktivasi perangkat berbasis iOS dan Android (Windows Phone tidak termasuk di dalamnya) naik tajam di China, yakni sampai 24 persen dari Januari 2011 hingga Maret 2012. Sedangkan grafik aktivasi di AS makin turun dalam periode yang sama.  

Jadi apakah Microsoft bisa mengejar targetnya tahun depan? Kita lihat saja.