Firma riset Juniper mengeluarkan laporan terbaru mereka Mobile Games: Download, In-Game Puchasing & Advertising Strategis 2011-2016 pada awal tahun ini. Dalam laporan disebutkan bahwa pasar game khusus tablet global diperkirakan akan tumbuh hingga US$3,1 miliar. 

Sedangkan belanja game khusus tablet diperkirakan akan memenuhi sepertiga dari semua pendapatan game di 2016. Pendapatan mobile game sendiri akan mencapai US$18,3 miliar pada empat tahun mendatang.

Tahun lalu, Juniper mengestimasi pendapatan tablet game telah mencapai US$491 juta. Hal ini dikarenakan akan makin populernya tablet game karena layarnya yang lebih besar dan grafis yang lebih baik. Pengguna akan makin mau mengeluarkan uang untuk membeli game dan in-game item seperti barang-barang virtual. Tablet akan menjadi gadget wajib bagi pencinta game.

Tablet seperti iPad memang masih dijual di atas $500 di AS, namun harga diperkirakan akan terus turun. Hingga akhir 2011, sudah 55,2 juta unit tablet terjual dan diperkirakan akan terus tumbuh. 

Pendapatan tablet game bisa saja datang dari berbagai bisnis model, termasuk pay-per-download, game gratis dengan iklan, freemium atau games gratis dengan pembelian in-app.