Tepat sudah enam tahun Twitter masuk di dunia maya pada Rabu (22/3) kemarin. Dalam blog resmi Twitter menyatakan bahwa kantor pusat mengadakan dua perayaan sekaligus: Ulang tahun Twitter dan jumlah pengguna aktif Twitter yang sudah mencapai 140 juta.

Disebutkan juga, dari jumlah pengguna sebanyak itu, sudah lebih dari 340 juta tweet dibuat per harinya dalam jaringan microblogging tersebut.  Jumlah pengguna tersebut naik dari jumlah pengguna yang pernah disebutkan CEO Twitter Dick Costolo pada September tahun lalu. Saat itu Costolo hanya menyebutkan setidaknya ada 100 juta log per bulannya dan 50 juta pengguna aktif setiap harinya.

Di saat itu, Costolo juga menyebutkan bahwa ada 55 juta user log on di Twitter lewat ponsel atau tablet setiap bulannya. Sedangkan Twitter versi web dikunjungi  400 juta pengguna dalam sebulan, atau naik 150 juta pengguna pada awal 2011.

Jika dilihat dari jumlah yang diklaim masing-masing pihak, Twitter masih berada di urutan ketiga dengan 140 juta pengguna. Jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak tetap dipegang Facebook dengan 845 juta (diklaim pada Januari 2012), LinkedIn ada di urutan dua dengan 150 juta (Februari 2012). Sedangkan Google Plus berada di urutan keempat dengan 90 juta pengguna.