Konsep papan buletin virtual ala Pinterest nampaknya begitu disukai para pengguna internet. Alasan sederhananya,  pengguna bisa mengoleksi berbagai item favoritnya dari berbagai website untuk kemudian ditaruh di papan buletin virtual dan membaginya dengan teman-teman. Tapi menurut infografik dari FlowTown yang berkolaborasi dengan Coloumn Five, alasan mengapa Pinterest begitu adiktif bukan hanya itu.

Pertama, desain Pinterest sendiri. Desain sengaja dibuat sederhana sehingga pengguna bisa scrolling konten dengan gerakan minimum. Semua menu fungsi sosial dibuat tersembunyi sehingga virtual board tidak dipenuhi dengan komentar, likes, atau repin. Kedua Pinterest mengedepankan user generated content, sehingga makin banyak konten yang dihasilkan makin banyak juga pengunjung situs ini. 

Ketiga, sadar tidak sadar, Pinterest merupakan alternatif baru dari sebuah jejaring sosial media yang kebanyakan berpusat di sekitar hubungan interpersonal. Pengguna internet yang sudah lelah membaca status di Facebook, tweet keluhan teman atau melihat foto-foto liburan bisa mencari suasana lain di Pinterest. 

Buktinya, Pinterest sekarang merupakan situs jejaring sosial media yang paling sering dikunjungi nomor tiga di AS, setelah Facebook dan Twitter. Uniknya, dari semua pin yang dilakukan di Pinterest,  80 persennya di repin. Sedangkan hanya 1,4 persen tweet yang di-retweet.


Keempat dan yang paling penting, integrasi dengan internet browser. Integrasi ini membuat Pinterest mudah diakses. Jika ada pengguna Pinterest yang menemukan hal yang mereka sukai di internet, mereka tinggal menekan plug-in Pinterest “Pin-it” yang tersedia di semua website, tanpa perlu susah-susah membuka Pinterest terlebih dahulu.

Kelima, efek Pinterest tentu saja membuat penggunanya eksis dan popular di dunia maya. Terlebih setelah Pinterest juga punya kerja sama dengan Facebook. Satu kelebihan lain adalah kemudahan penggunaannya, sehingga semua orang bisa menggunakannya.

Pinterest sendiri mulai dibangun pada Desember 2009 dan diluncurkan secara closed beta pada Maret 2010. Kemudian pada 16 agustus 2011, majalah Time memasukan Pinterest sebagai “50 Best Website of 2011”. Situs yang dikelola Cold Brew Labs di Palo Alto, California ini sudah memiliki 16,23 juta unique visitors hingga Februari 2012 lalu.