Sebelumnya Apple menyatakan bahwa tiga juta unit iPad generasi ketiga telah terjual dalam tiga hari. Pernyataan tersebut disampaikan dalam rilis media resmi pada Senin (19/3) kemarin. Ini merupakan rekor baru bagi perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut. 

Apple sendiri tidak memberikan informasi rinci jumlah penjualan minggu pertama dua generasi iPad sebelumnya. Namun menurut beberapa analis seperti Gene Musnter dari Piper Jaffray memperkirakan penjualan iPad 2 mencapai 500 ribu hingga satu juta unit pada minggu pertama.

Angka masih seputar perkiraan juga berlaku untuk penjualan iPad generasi pertama yang mencapai 300 ribu unit dalam satu minggu pertama. Bahkan ada perkirakan hingga tiga kali lipat dari angka tersebut. Sebagai perbandingan saja, dari angka resmi yang dikeluarkan Apple untuk penjualan minggu pertama iPhone 4S mencapai 4 juta unit. 

Namun rupanya kabar gembira rekor Apple ini langsung ditandaskan lembaga riset terkemuka IDC. IDC memperkirakan pada 2016 mendatang iPad bukan lagi tablet favorit, melainkan tablet berbasis Android. Menurut IDC, tahun ini diperkirakan pengapalan tablet global mencapai 106,1 juta unit. Dari jumlah sebesar itu, sebagian besar masih dikuasai iPad, yakni sekitar 54,1 persen.

Tetapi pelan-pelan, Android akan menyusul dan akan menyalip Apple dalam empat tahun ke depan. Tentu tablet-tablet Android punya ‘keuntungan’ sendiri dengan banyaknya vendor yang menggunakan sistem operasinya. Hingga kuarter ke empat 2011, IDC memperkirakan Kindle Fire menjadi vendor terbesar untuk Android dengan 4,7 juta unit atau setara dengan 16,8 persen. Padahal tablet ini hanya beredar di AS. Sedangkan Samsung hanya menempati tempat kedua dengan 5,8 persen market share. Tempat ketiga ditempati barnes & Noble Pandigital.

Jadi kalau dihitung-hitung total pengapalan tablet berbasis Android—selain vendor di atas—ternyata sudah mencapai 44,6 persen pada 2012 ini. IDC memperkirakan dalam empat tahun mendatang, pangsa pasa tablet berbasis Android akan naik hingga lebih dari 50 persen dan akan disusul iPad di tempat kedua.