Rencana Zynga untuk go public dan estimasi valuasi perusahaan yang mencapai US$ 9 miliar, membuat penasaran sebenarnya apa yang Zynga lakukan selama ini hingga akhirnya bisa sesukses itu. Mari melihat track record Zynga selama ini.

Kira-kira satu setengah tahun setelah mendapat investasi awal yakni setelah 1 Januari 2009, Zynga telah memiliki 23,9 juta pengguna aktif per bulannya. Angka yang cukup bagus untuk jumlah pengguna Facebook saat itu, namun tidak banyak berbeda dengan developer lain yang ‘numpang bisnis’ dalam platform Facebook.

Tapi lihat satu tahun kemudian, jumlah penggunanya membengkak sepuluh kali lipat hingga 240 juta, seperti yang dicatat AppData. Jumlah ini lebih besar bahkan dari gabungan semua penggguna social game dari developer lain. Tapi bagaimana caranya?
Salah satu faktor yang menudukung adalah perubahan dalam Facebook sendiri.

Pada awal 2009, Twitter mulai popular dan Facebook cukup khawatir dengan kemajuan Twitter. Facebook kemudian memutuskan untuk memindahkan fokus alogaritma dari news feed ke real-time stream yang memungkinkan update status yang cepat. Strategi ini untuk menarik perhatian karena format micro-blogging menggunakan hal yang sama.

Perubahan format ini mau tidak mau membawa Zynga ke layar pengguna lebih sering dari biasanya. Saat FarmVille diluncurkan, Zynga pun tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara memasarkan game terbauru mereka selama ada pengguna yang memainkannya. Para pengguna tersebut selanjutnya menciptakan efek bola salju dengan format baru Facebook.

Kelebihan Zynga adalah memanfaatkan format baru Facebook untuk menghasilkan uang. FarmVille diciptakan sudah dapat membeli dan memberikan barang virtual yang membutuhkan konsep real-time. Pendapatan Zynga pun bertambah tidak hanya dari penjualan barang virtual tetapi juga lewat pendapatan iklan yang makin mahal dan makin banyak.

Pada akhir tahun, Facebook mengevaluasi keputusan mereka sebelumnya dan akhirnya mengembalikan platformnya pada news feed dan mengurangi pemberitahuan (notification). AppData mencatat FarmVille yang dimainkan 70 juta pengguna per harinya, tidak mengalami pertumbuhan berarti, grafiknya datar saja.

Namun Zynga tidak berhenti samaai di situ, Zynga memperkerjakan lebih banyak veteran game dan game desainer untuk membuat game berkualitas baik. Zynga juga lebih baik dalam mengelola sistem penghasilan mereka dari user base. Penghasilan Zynga tumbuh terus tiap tahunnya.

Zynga masih mendominasi Top 5 game Facebook dan sekarang telah merambah game mobile. Dalam road show pre-IPO  mereka, disebutkan bahwa pengguna jejaring sosial bertumbuh dari satu miliar orang ke dua miliar dan sedangkan industri web dan social gaming tumbuh 900 juta.