Perusahaan game sosial terbesar di dunia, Zynga, berencana akan mengajukan intial public offering (IPO) pada 17 November mendatang. Go public-nya Zynga merupakan salah satu IPO yang paling diantisipasi selama beberapa bulan ini, semenjak Zynga menyatakan mereka akan IPO 2011 ini. 

Salah satu perwakilan Zynga mengatakan bahwa mereka belum siap seratus persen sehingga ada kemungkinan akan berubah. Sebelumnya perusahaan pembuat game sosial terkenal di Facebook seperti Farmville dan Mafia Wars ini sudah pernah menunda pengajuan IPO pada Agustus lalu.

Penundaan tersebut dikarenakan Zynga melihat kondisi pasar yang kurang baik. Zynga juga harus memenuhi panggilan komisi pengawasan keamanan dan transaksi di Amerika Serikat untuk menjelaskan sistem pembelian virtual goods di game mereka.

Zynga mengajukan IPO tepat satu minggu sebelum perusahan daily deal Groupon mengajukan hal yang sama. Saat ini Groupon masih dalam tahap roadshow dan diharapkan akhir November mendatang saham Groupon akan masuk daftar bursa.  

Zynga yang telah mengajukan IPO pada 1 Juli lalu akan mematok harga US$ 1 miliar. Selain Zynga dan Groupon, pengajuan perusahaan dotcom lain yang paling ditunggu adalah Facebook yang baru akan mengajukan IPO pada tahun depan.