Setelah berhasil melarang tablet Galaxy Tab di pasar Eropa, Apple kembali menuntut untuk adanya pelarangan menyeluruh terhadap semua ponsel dan tablet Samsung Galaxy. Tidak itu saja, Apple juga meminta penarikan semua produk tersebut dari reseller dan distributor Eropa.

Tuntutan Apple di pengadilan distrik Hague tersebut lebih konmprehensif dari tuntutan sebelumnya. Tidak hanya cakupan hukumnya lebih luas, tetapi juga lebih umum daripada tuntutan yang pernah Apple ajukan di Jerman. Jika berhasil, cara yang Apple ambil ni bisa mempengaruhi seluruh pasar ponsel pintar dan tablet Eropa.

Tuntutan yang Apple buat langsung berfokus pada pelarangan semua produk ponsel pintar Galaxy termasuk Galaxy Ace, Galaxy S dan Galaxy SII serta tablet Galaxy Tab 7 dan Galaxy Tab 10.1. Perangkat Galaxy lainnya seperti Gio, Nexus, 511, Europa, Apollo dan Mini juga ikut termasuk dalam daftar tersebut. Apple mengklaim bahwa semua perangkat tersebut mempunyai masalah hak paten dengan mereka.

Apple meminta pelarangan semua poduk ini termasuk proses manufaktur, penyimpanan, pengimporan, pendistribusian, perdagangan atau memperjualbelikan Samsung Korea dengan anak perusahaan di Belanda, Samsung Logistics BV dan Samsung Overseas BV. Perusahaan tersebut memegang peranan penting dalam distribusi produk Samsung di Eropa.

Apple menuntut Samsung dan anak perusahaannya untuk mengirimkan surat permintaan ke semua klien di Eropa untuk penarikan semua produk yang ada di penyimpanan dalam waktu 14 hari dan menawarkan kompensasi sebesar harga pembelian plus biaya transportasi.

Apple juga meminta surat yang dikirim Samsung harus berisi pernyataan bahwa jika klien tersebut menolak berarti mereka menyalahgunakan hak kekayaan intelektual Apple.

Jika permintaan Apple ini dikabulkan hakim pengadilan maka seluruh pasar ponsel pintar dan tablet Eropa akan berubah. Selama ini Samsung menikmati penjualan tertingginya di kawasan Eropa dan nyaris mengalahkan pemimpin pasar Eropa: Nokia. Apple sendiri menguasai pasar tablet dunia dengan 69 persen, sedangkan Samsung hanya 7 persen.

Sejumlah ditributor dan reseller di Eropa akan terkena imbas dari tuntutan Apple ini. Meskipun jika akhirnya Samsung harus melakukan penarikan, dan mereka akan diberikan kompensasi, namun tetap saja akan merugikan mereka.

Pengadilan Hague akan dimulai 15 September mendatang. Pada pertemuaan terakhir minggu lalu, Hakim Edger Brinkman menyatakan akan memutuskan perkara ini sebelum 13 Oktober.