Angry Birds Akan Hadir di Produk Bayi

51

Niatan Rovio untuk menjadikan Angry Birds bukan sekedar game, melainkan sebuah “brand” bukan sekedar isapan jempol belaka. Pengembang game dari Finlandia terus melakukan pengembangan bisnis di sektor franchise. Kali ini, pasar yang mereka tuju adalah produk bayi.

Sejak diluncurkan akhir tahun 2009, karakter burung marah tersebut akrab menyapa penggemarnya melalui berbagai macam mainan. Dan kali ini, mereka akan hadir ke dalam produk-produk bayi, seperti selimut dan baju bayi. Untuk bisnis ini, Rovio bekerja sama dengan perusahaan SwaddleDesigns.

Angry Birds memiliki lebih dari 40 juta pengguna setiap bulannya dan menjadi salah satu top apps di mobile platform Apple. Game ini pun juga mendapatkan respon yang sangat bagus di platform Android dan PC.

Namun di sisi lain, Angry Birds mendapatkan tempat tidak kalah bagus di sektor merchandising. Rovio telah berhasil menjual tujuh juta mainan Angry Birds dan mendapatkan proporsi yang cukup besar dari total pendapatan di lisensi dan merchandising.

”Bisnis utama Rovio adalah game. Namun, lisensi atau merchandising merupakan salah satu sektor yang berkembang dengan pesat di perusahaan kami,” ujar Ville Heijari, VP franchise development di Rovio. (Reuters, 8/8)

Awal tahun ini, Rovio juga berhasil mendapatkan investasi sebesar US$ 42 juta dari perusahaan Accel Partners, Atomico Ventures, dan Felicis Ventures.