Ada masanya ketika sebagian besar game dimainkan di konsol game seperti Xbox atau PlayStation, tetapi jaman sudah berubah. CEO perusahaan developer dan publisher game terkenal Entertaiment Art, John Riccititiello, mengatakan konsol game bukan lagi perangkat dominan dalam bermain game. Sekarang jamannya perangkat bernama iPad.

Konsol game pernah mendominasi industri game dengan pangsa pasar sebesar 80 persen hingga 2000. Sekarang, hanya satu dasawarsa lebih, penggunaan konsol game menurun hingga 40 persen. Apa yang terjadi?

Dunia menyambut platform perangkat keras baru dan EA ‘menaruh’ perangkat lunaknya setiap 90 hari. John mengakui platform yang paling cepat tumbuh pada masa sekarang adalah iPad dan iPad belum ada hingga 18 bulan yang lalu.

John Ricciteillo mengakui kalau konsol game dapat menawarkan grafis yang lebih baik, namun dia tidak melihat sisi plus dari konsol game ini akan bertahan selamanya. Akan ada saatnya perangkat mobile seperti iPad bisa menawarkan grafis yang sama baiknya di masa depan.

Dan dia percaya grafis yang lebih baik tersebut tidak akan menjadi daya jual konsol game di masa datang. Faktor lain, yang tidak bisa dilakukan konsol game, seperti fungsi jaringan sosial dan transaksi mikro yang dapat dilakukan saat bermain game di iPad akan membuat nilai jualnya lebih tinggi. Sekarang ini EA sendiri mempunyai 32 game yang diaplikasikan di iPad.