Developer dan publisher game dari Amerika Serikat, EA (Electronic Arts) mencatat perkembangan bisnis yang cukup bagus pada kuartal dua 2011. Pendapatan mereka naik dari US$ 3,83 miliar menjadi US$ 4,03 miliar pada kuartal ini. Hal ini didukung oleh kesuksesan penjualan puzzle game Portal 2 yang mencapai dua juta unit sehingga mampu mengantongi banyak pendapatan di digital game.

Tidak hanya itu, Eric Brown, chief finance EA mengatakan bahwa game besutan mereka lainnya, yaitu Star Wars : The Old Republic juga mendapatkan respon yang sangat bagus. Meski belum resmi dirilis, pemesanan game ini telah mencapai 200 ribu unit sejak minggu lalu.

“Kami telah mendapatkan pemesanan 200 ribu unit (Red: Star Wars: The Old Republic) pada lima-enam hari pertama. Angka ini secara siginifikan menunjukkan respon pasar untuk game ini paling besar dibandingkan game lain yang telah kami keluarkan,” ujar Brown. (Reuters, 27/7)

Memang, selama ini investor sudah sangat menantikan rilis Star Wars: The Old Republic, game online yang menjadi rival terberat World of Warcraft, game besutan Activision Blizzard. Saat ini World of Warcraft telah memiliki lebih dari 12 juta pelanggan.

Untuk mengembangkan dan mem-publish game Star Wars, EA telah menghabiskan dana sekitar US$ 100 juta. Meski belum memberikan waktu pasti dirilisnya, EA menargetkan Star Wars: The Old Republic akan dipasarkan pada musim libur.

Naiknya pendapatan yang EA peroleh ini juga didukung dari bisnis waralaba Madden NFL. Sektor ini menyumbangkan pendapatan sebesar US$ 524 juta, lebih tinggi dari perkiraan analis yang hanya di kisaran US$ 511 juta. Pendapatan EA di kuarter ini didukung oleh naiknya penjualan dari sektor digital game.

“Karena dari sektor lain bisnis kami, terutama digital, kami tumbuh dengan cepat,” ujar Brown.

EA, seperti perusahaan video game lainnya mulai menawarkan game-game yang dimainkan di platform internet dan Facebook untuk menghadapi Zynga yang sangat sukses di Facebook. Sektor digital game sendiri telah menyumbangkan pendapatan sebesar US$ 209 juta atau naik 11 persen. (metriastria)