Akhir bulan kemarin ramai diperbincangkan pembelian PopCap Games dengan nilai ratusan juta dolar. Namun, siapa pihak yang berhasil mendapatkan pencipta game konsol tersebut, saat itu masih menjadi misteri. Dan sekarang, misteri itu sudah terkuak. Pengembang sekaligus publisher game dari Amerika Serikat, Electronic Arts (EA) lah yang ternyata membeli PopCap dengan nilai US$ 750 juta.

Nilai akuisisi yang dikeluarkan EA ini menjadi akusisi terbesar di sektor industri game konsol dan mobile hingga saat ini. Dikutip dari New York Times (13/7), nilai akuisisi yang dilakukan EA tersebut secara rinci berupa uang tunai US$ 650 juta dan US$ 100 juta sisanya berupa saham.

Namun, nilai akusisi itu kemungkinan masih berubah. Dengan kondisi jika PopCap berhasil mencapai target pendapatan lebih dari US$ 91 juta hingga Desember 2013,  maka PopCap berhak mendapatkan tambahan pembayaran hingga US$ 500 juta. Jika hal ini sampai terjadi, maka akuisisi ini merupakan akuisisi terbesar bagi EA.

Meskipun EA telah lama menjadi pemain utama dalam industri game konsol, seperti seri game Madden NFL, namun EA juga berusaha keras untuk bisa mengambil bagian lebih besar di sektor game konsol dan mobile. Termasuk yang saat ini hadir di iPhone dan perangkat Android.

“Studio global dan jaringan penerbitan EA akan membantu PopCap dalam pengembangan bisnis ke sektor perangkat digital dengan lebih cepat, ke lebih banyak negara, dan ke lebih banyak jaringan,” ujar John Riccitiello, CEO Electronic Arts.

PopCap sendiri didirikan pada tahun 2000. Mulai dikenal melalui game puzzle, Bejeweled yang sangat sukses di pasar. Hingga saat ini game buatan PopCap sudah diunduh lebih dari 1,5 juta kali dan memiliki 475 karyawan di berbagai negara. (metriastria)