Rencana Zynga untuk penawaran saham perdana ke publik (IPO / Initial Public Offering) akan segera menjadi kenyataan. Saat ini pengembang games online sukses di Facebook ini diperkirakan akan siap melakukan penawaran saham dalam waktu dekat ini.

Tidak tangung-tanggung, penawaran nilai saham yang dilakukan Zynga sangatlah besar, yaitu US$ 2 miliar. Angka ini diperoleh dari kemungkinan penjualan 10 persen saham dari nilai perusahaan yang mencapai US$ 20 miliar. Dengan mendapatkan US$ 2 miliar, aksi go public Zynga ini akan menjadi penawaran saham tertinggi di perusahaan media sosial. Sebelumnya posisi ini dipegang oleh IPO Google pada tahun 2004 dengan nilai US$ 1,67 miliar.

Pengajuan ini diharapakan bisa memberikan kejelasan pada bisnis Zynga, termasuk seberapa banyak ketergantungan pendapatan yang selama ini mereka peroleh dari Facebook. Di sisi lain, Facebook juga akan segera menyusul Zynga dengan aksi IPO dalam waktu satu tahun ke depan.

Dikutip dari New York Times (30/6), untuk penawaran saham ini Zynga telah menunjuk bank yang dipimpin oleh Morgan Stanley. Selain itu, kelompok penjamin juga terdiri dari Goldman Sachs, Bank of America Merrill Lynch, Barclays Capital dan JPMorgan Chase. Namun, hingga saat ini baik Zynga maupun pihak bank belum mau memberikan komentar.

Zynga memang merupakan pengembang games yang menuai kesuksesan melalui social games FarmVille dan CityVille di Facebook yang saat ini telah memiliki lebih dari 215 juta pengguna aktif per bulan. Dengan jumlah pengguna itu, Zynga memperoleh sebagian pendapatan perusahaan dari penjualan barang-barang virtual di games. Menurut pendiri dan CEO Zynga, Mark J. Pincus, selama beberapa tahun ini dua games tersebut memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. (metriastria)