Pencipta casual game terkenal, PopCap Games, diberitakan sedang dalam tahap negosiasi untuk dijual seharga US$ 1 miliar atau lebih. Namun pihak yang membeli hingga saat ini belum diketahui sehingga banyak spekulasi yang membicarakan siapa si pembeli PopCap tersebut.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2000 ini sebelumnya telah berhasil mengembangkan game terkenal seperti Plant Vs Zombie dan Zuma di Mac dan Windows. Penghasilan mereka per tahun pun cukup tinggi yakni dalam kisaran US$ 100 – 150 juta. Tentunya mengejutkan jika harga jual bisa 10 kali lipat dari penghasilan tahunan mereka.

Spekulasi si calon pembeli PopCap ini bermunculan dan menunjuk beberapa nama besar seperti Electronic Art yang memang pernah berniat membeli PopCap pada 2006 lalu, namun batal. Electronic Arts kemudian membeli Playfish pada 2009 dengan harga US$ 400 juta, kemudian membeli publisher Angry Birds di Chicago dan pengembang game indie bernama Firemint. Electronic Art juga memiliki sebuah situs online gaming yang populer, Pogo.com.

Spekulasi lain tentang pembeli PopCap datang dari Zynga. Namun kedua perusahaan ini  dalam  keadaan ‘perang dingin’ karena memerebutkan pasar. Saat PopCap membeli ZipZipPlay untuk menghadang Zynga.Zynga juga secara teratur membeli perusahaan-perusaan kecil untuk mengurangi kompetisi pasar, setidaknya ada 12 perusahaan yang dibeli dalam setahun terakhir.

Selain Electronic Art dan Zynga ada pula perusahaan di luar AS yang dikabarkan cukup tertarik membeli PopCap, yaitu jaringan mobile Asia DeNa dan Tencent China. Keduanya dikabarkan telah melakukan pendekatan sejak beberapa bulan lalu.