Setelah sukses dengan Galaxy S, Samsung kembali mengeluarkan seri terbaru dari ponsel Android ini, yaitu Galaxy S2. Masih mengusung konsep ponsel layar sentuh dengan OS Android, ponsel cerdas ini digadang-gadang merupakan pesaing terberat dari iPhone 4. Pertama kali dirilis pada 29 April kemarin di Korea Selatan, Galaxy S2 mampu mengembalikan kembali kekuasaan ponsel lokal di negeri gingseng tersebut.

Tiga hari pertama setelah dirilis, Galaxy S2 berhasil terjual sekitar 100 ribu unit. Angka tersebut tersebut terus meningkat dan menembus angka 1 juta unit hanya dalam waktu satu bulan. Beberapa analis pun memperkirakan bahwa Galaxy S2 merupakan ponsel Android yang paling populer untuk saat ini. Hal ini bisa dilihat dari respon konsumen di berbagai negara meskipun ponsel ini baru dirilis di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan India dalam satu bulan terakhir ini. Lalu, apa yang membuat versi terbaru dari Galaxy S ini sangat populer?

Hadir dengan bentuk yang menawan, Galaxy S2 memiliki desain yang tipis, ringan, dan layar yang lebar. Saat ini Galaxy S2 merupakan ponsel tertipis dengan ketebalan hanya 8,49 mm dan berat 100 gram. Dengan layar 4,3 inci Super Amoled Plus, pengguna akan diberikan kualitas warna sekaligus tingkat sensitivitas layar sentuh yang bagus. Layar lebar yang diberikan memberikan pengalman lebih bagi pengguna untuk menikmati foto, video, maupun untuk berselancar di dunia maya.

Namun layaknya ponsel-ponsel khas negeri gingseng lainnya, ‘badan’ Galaxy S2 masih terbuat dari plastik, bukan dari bahan yang lebih kuat seperti aluminium. Dari segi isi, Galaxy S2 dibekali dengan prosesor dual core dan mendukung 3200 Mpix/s. Bisa dibayangkan kecepatan yang ditawarkan ponsel cerdas ini. Pengguna bisa melakukan multi tasking dengan cepat.

Berbeda dengan seri sebelumnya, Galaxy S2 dibekali dengan ponsel 8 MP lengkap degan LED flash di bagian belakang dan 2 MP untuk kamera depan untuk video calling. Menggunakan 1 GB RAM, 16 GB internal memori yang bisa di-upgrade dengan microSD card. Dilengkapi dengan bluetooth 3,0, WiFi, Adobe Player 10.1, mobile hotspot dan dijalankan dengan OS Android seri terbaru, Gingerbread (Android 2.3).

Fitur baru yang dikeluarkan Samsung, yaitu Samsung Hub juga tersedia di ponsel ini. Fitur ini terdiri dari Social Hub, Reader Hub, Music Hub, dan Game Hub. Semacam wadah, fitur ini menjadi tempat utnuk beberapa aplikasi. Social Hub merupakan wadah untuk kehidupan sosial dunia maya anda, seperti email, Facebook dan Twitter.

Reader Hub memberikan akses ke lebih dari 2500 majalah dalam 20 bahasa dan 2000 koran dalam 47 bahasa. Game Hub memberikan akses download ke 12 game jejaring sosial dan 13 premium games. Music Hub memberikan akses ke 13 juta lagu. Namun, sayangnya Music Hub baru bisa diakses di 32 negara di kawasan Eropa dan Amerika Utara.

Yang menarik dari samsung Galaxy S2 adalah fitur perintah suara. Pengguna bisa melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan hanya dengan suara. Dengan menekan dua kali tombol home, maka pengguna bisa mulai menggunakan fitur ini. Dengan keindahan desain dan kelebihan fitur yang diberikan, Galaxy S2 dibanderol dengan harga yang mahal, yaitu US$ 880 atau sekitar Rp 7,6 juta. (metriastria)