Games online via Facebook memang terbukti sukses mengantarkan beberapa pengembang games meraup keuntungan. Seperti halnya games Farmville keluaran Zynga yang sukses dimainkan oleh lebih dari 75 juta pengguna aktif Facebook dan didaulat sebagai games paling populer di situs jejaring sosial tersebut.

Pemanfaatan Facebook sebagai salah satu ladang bisnis potensial untuk games kini juga tengah dilakukan Electronic Arts (EA). Pengembang games dari Amerika Serikat ini akan segera meluncurkan games kehidupan sosial populer mereka, The Sims di Facebook. Dikutip dari Cnet (9/6), rencana masuknya The Sims ke Facebook akan segera mereka lakukan pada musim panas ini (sekitar Juni-September) dan hadir dalam lima bahasa. Tidak hanya di Facebook, EA juga akan segera merilis The Sims untuk platform mobile.
 
“Seperti halnya saya dan anda, The Sims sekarang juga tergabung di Facebook,” ujar Jeff Karp, Executive Vice President of Play Label.

The Sims, permainan simulasi kehidupan sosial ini memang sangat populer di kalangan gamers. Pemain diberikan kebebasan untuk mewujudkan mimpi, petualangan, fantasi, dan kreativitasnya di permainan ini. Layaknya memiliki kehidupan ‘baru’, pemain diberi kebebasan untuk menciptakan karakter, membangun dan merancang rumah mereka sendiri, serta menjalankan kehidupan barunya itu di dunia virtual. Kehidupan pribadi, sosial, hingga masalah asmara menjadi daya tarik lebih di The Sims.

“Permainan ini ‘hidup’, membawa humor, romantisme, kelicikan sekaligus kreativitas yang hanya bisa diwujudkan di The Sims,” tambah Karp.

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, games The Sims telah terjual lebih dari 140 juta unit dan melahirkan sebuah komunitas penggemar aktif hingga jutaan orang. Sejak dirilis pada tahun 2000, The Sims telah diterjemahkan ke dalam 22 bahasa dan dijual di 60 negara. The Sims 3 sendiri baru dirilis dua tahun kemarin dan telah terjual lebih dari 10 juta unit di seluruh dunia. (metriastria)