Autodesk, pengembang software untuk desain 3D, rekayasa, dan hiburan mengeluarkan software gratis Autodesk 123D. Aplikasi ini berupa modeling 3D berbasis Windows yang dikombinasikan dengan konten dan layanan. Tidak hanya ditujukan untuk kalangan profesional, aplikasi ini juga didukung dengan fitur yang memudahkan pengguna yang baru belajar desain.

”Kenyataannya, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara melakukan desain 3D. Mereka juga tidak tahu bagaimana mewujudkan desain mereka. Aplikasi ini memiliki desain yang lebih mudah diakses,” ujar Samir Hanna, Vice President of Consumer Products Autodesk (31/5).

Menurut Samir, Autodesk 123D memang dirancang bagi siapa saja yang ingin belajar dan membuat model 3D. Pengguna dapat mewujudkan ide-ide mereka dengan menggabungkan desain digital kuat dengan layanan untuk membuat obyek fisik. Baik dari aplikasi maupun melalui laman situs Autodesk 123D, pengguna bisa mencari dan mengunduh konten untuk memulai, melengkapi, atau memvisualisasikan sebuah proyek, dan sekaligus mengakses fabrikasi personal melalui mitra Autodesk 123D.

”Autodesk diposisikan untuk membawa desain 3D bagi setiap orang dengan cara yang menyenangkan dan membuka sisi perancang dalam diri kita. Kami bermaksud untuk mengembangkan laman 123D menjadi satu-satunya tujuan bagi individu untuk menciptakan dan berbagi desain mereka pada dunia untuk hiburan, belajar, atau mendapatkan keuntungan,” tambah Samir.

Beberapa mitra Autodesk 123D saat ini adalah 3D Systems, Ponoko, dan TechShop. 3D Systems merupakan penyedia solusi konten untuk cetak dan layanan kostum yang menyediakan printer 3D. Ponoko merupakan layanan manufaktur online yang menghubungkan pengguna Autodesk 123D ke berbagai outlet fabrikasi personal.

Sedangkan TechShop merupakan bengkel ”do it yourself” yang bisa digunakan pengguna
untuk mewujudkan ide-ide mereka. Layaknya sebuah bengkel kerja, pengguna bisa mengakses computer numerical control (CNC) mesin giling, las, gergaji meja, bor tekan, mesin potong laser, mesin jahit dan peralatan industri tekstil dan printer 3D di TechShop.

Anda bisa langsung mengeksplorasi dan mewujudkan ide-ide di dengan mnegunduh aplikasi ini di www.123Dapp.com untuk pengguna Windows PC. Selamat mencoba! (metriastria)