Ketika David Karp dan Marco Arment menciptakan platform microblogging bernama Tumblr pada 2007, remaja 19 tahun itu tidak memperkirakan proyeknya bisa sukses besar. Dalam web mereka, sampai 1 Mei 2011 ini, total ada 5 miliar post dan lebih dari 17,5 juta total blog. Sedangkan menurut analis web Quantcast, saat ini Tumblr dilihat 7 juta kali setiap bulannya. Bahkan pada Agustus 2009, David Karp mendapat penghargaan Best Young Tech Enterpreneur 2009 dari BusinessWeek.

Kurangnya persiapan menghadapi peminat sebanyak itu membuat situs mereka down dan tidak bisa diakses selama  47 jam pada 5 Desember 2010. Tentu saja ini mengakibatkan kerugian bagi kredibilitas Tumblr. “Kejadian itu merupakan kesalahan fatal. Server yang salah di tempat yang salah tiba-tiba gagal dan mengakibatkan semua server ikut mati. Kami hanya bisa memperbaiki akses di beberapa negara 16 jam kemudian, sedangkan akses di Amerika Serikat perlu pemulihan bertahap.” Kata David Karp.

Meskipun akhirnya ketika semua akses pulih trafik mereka meningkat tajam, David Karp merasa kesalahan tersebut tidak boleh terulang lagi. David merasa tiga hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kesalahan semacam itu bisa terjadi baik di perusahaannya maupun perusahaan lain.

Pertama jangan membiarkan sikap yang menimbulkan kontradiktif pada kemajuan perusahaan. David mengaku sikap keras kepalanya menghambat perusahaan. Seiring dengan pertumbuhan pengguna Tumblr, para investor menanyakan kemampuan tim Tumblr dalam menangani hal tersebut. Tim Tumblr hanya terdiri dari dua orang dinilai tidak bisa bekerja maksimal karena beban yang terlalu banyak. David bersikeras dirinya dan Marco bisa mengatasinya sampai akhirnya kejadian 5 Desember tersebut.

Kedua bertanggung jawab dan bertindak cepat. Begitu jaringan down, Tumblr segera tweet perkembangan proses pemulihan jaringan. David Karp juga meminta maaf lewat tweet yang dihubungkan dengan blog resmi Tumblr dan menjamin bahwa semua data mereka akan tetap aman. Namun nampaknya David terlalu bersemangat sehingga ia menceritakan detail teknis kerusakan yang terjadi. Para pengguna justru dibuat bingung dan bagi sebagian pengguna yang mengerti David justru membuka ‘aib’ Tumblr. Setelah kejadian tersebut, David mempekerjakan enam teknisi sekaligus.

Terakhir, David menekankan komunikasi antara tim dan para investor. Saat kejadian tersebut terjadi, David dan timnya berdiskusi langkah strategi apa yang harus dilakukan. “Misalnya, kami memilih untuk memulihkan blog dahulu daripada dashboard.” Ujar David lagi. Sebelum bertemu dengan para investor mereka, David berkonsultasi dengan tim di perusahaan lain yang pernah mengalami hal yang sama.

Sekarang Tumblr telah mempekerjakan 33 pegawai, dan hampir setengahnya baru dipekerjakan enam bulan lalu. “Kami terus menerus menambah server dan mencoba mengikuti pertumbuhan pengguna yang sangat cepat. Sekarang kami bisa mengoperasikan segala sesuatu lebih cepat daripada beberapa tahun yang lalu.” Tutup David Karp.