VMware, penyedia layanan virtualisasi dan infrastruktur awan merilis VMware Horizon App Manager. Layanan ini digunakan untuk mengelola akses ke aplikasi awan di mana pun. Ditargetkan untuk perusahaan yang ingin menggabungkan desktop windows tradisional dengan aplikasi awan secara aman dan lebih mudah.

“Era mobilitas dan awan mensyaratkan ketersediaan akses ke aplikasi, dari mana pun, melalui piranti akses dari dalam maupun luar firewall, serta memberikan tantangan baru bagi model pengamanan dan manajemen korporasi tradisional,” ujar Brian Byun, Vice President and General Manager Cloud Application VMware (19/5).

Menurut Byun, VMware Horizon App Manager bisa menangani tantangan di atas dengan merombak ulang fungsi manajemen pengguna akhir dan aplikasi menjadi layanan awan sehingga tersedia cara-cara baru dalam sistem kerja TI.

Secara sederhana, VMware Horizon App Manager merupakan sebuah identitas yang berfungsi sebagai penghubung layanan. Digunakan untuk memperluas keamanan dari identitas pengguna dalam sistem, seperti Microsoft Active Directory. Identitas penghubung itu kemudian tersambung dengan berbagai layanan awan publik dari pihak ketiga, seperti Google, Box.net, BroadVision, Salesforce.com, WebEx dan Workday.

Sistem ini menyederhanakan manajemen access credentials pengguna. Hal ini menguntungkan, mengingat tidak ada lagi infrastuktur identitas yang terpisah-pisah. Seluruhnya tergabung menjadi satu identitas korporasi sehingga bisa mengamankan akses pengguna di layanan awan privat maupun publik. Layanan ini juga mendukung mobilitas pengguna yang semakin tinggi dengan platform terbuka yang digunakan. Pengguna bisa tetap mengakses aplikasi awan melalui berbagai jenis perangkat.

Pengguna bisa lebih mudah mengakses ke aplikasi awan melalui single sign-on (SSO).  Kemudahan itu seperti tampilan portal aplikasi yang mirip ‘toko online’. Tidak hanya itu, portal ini juga memiliki self-provisioning aplikasi. Admnistrator TI juga lebih mudah untuk mengendalikan akses hampir semua aplikasi awan melalui katalog aplikasi terpusat. Akibatnya, sata penggunaan aplikasi bisa diberikan secara real time sehingga memperluas visibilitas aktivitas operasional dan memudahkan manajemen lisensi.

VMware Horizon App Manager secara resmi telah diluncurkan beberapa hari lalu dengan harga US$ 30 per pengguna setiap tahunnya. Namun, untuk saat ini VMware Horizon App Manager baru tersedia untuk beberapa pelanggan terpilih di kawasan Amerika Utara dan Asia Pasifik, serta beberapa kawasan lain. (metriastria)