Bosan dengan tampilan standar dalam presentasi? Teknologi baru ini patut dicoba. Sebuah alat penulisan digital interaktif baru saja dipasarkan oleh Datascript, uBoard. Alat ini bisa mengubah tampilan presentasi pada whiteboard, maupun dinding menjadi lebih atraktif. Pengguna bisa mengendalikan bahan presentasi mereka langsung pada layar yang digunakan atau bahkan langsung ’mencorat-coret’ bahan presentasi mereka.

 

uBorad terdiri dari dua bagian, pen digital dan station. Seperti namanya, digital pen berbentuk seperti pulpen yang berfungsi sebagai mouse dan laser pointer. Pulpen digital ini memiliki konsep baterai isi ulang yang bisa digunakan hingga 15 jam. Jika baterai habis bisa di-charge selama dua jam.

 

Sedangkan station berbentuk persegi panjang, berukuran kecil dan ringan. Cara kerjanya dengan ditempelkan di tepi whiteboard maupun dinding tempat tampilan presentasi. Jangkauan area kerjanya hingga 120 inci.

 

Melalui kabel USB, uBoard bisa langsung terkoneksi ke komputer maupun laptop. Pada station terdapat tombol save dan print untuk mempermudah melakukan kontrol data yang akan disimpan maupun dicetak. Ada pula tombol internet. Cukup dengan menekan tombol itu, pengguna bisa dengan lebih mudah membuka laman pencarian situs tanpa harus menutup program-program lainnya. 

 

Pada uBoard dibenamkan Intuitive Board Software. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan tulisan atau coretan pada file presentasi. File yang telah ’terevisi’ pun bisa langsung disimpan ke folder dalam format JPEG. Tampilan-tampilan standar slide presentasi juga ada, seperti fitur horizontal dan horizontal, atau magnifier untuk memperbesar beberapa tampilan tertentu.

 

”Fitur-fitur ini menjadikan posisi uBoard sebagai sistem penulisan digital interaktif yang berkualitas baik, berkinerja memuaskan dan mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya,”  ujar Jeremy Hermanto, Division Manager Datascrip.

 

Dengan manfaat yang diberikan, uBoard bisa diperoleh dengan harga yang tidak begitu mahal, yaitu US$ 600 atau sekitar Rp 480 ribu. (metriastria)