Seakan tak mau kalah dengan Mozilla yang meluncurkan Firefox 4, Opera merilis browser terbarunya, Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11, hari ini (22/3). Browser ini juga bisa dipakai di tablet PC yang memang sedang "tren" saat ini.

 

Sebagaimana diketahui, browser Opera Mobile merupakan web mobile paling populer di dunia, dipakai sekitar 100 juta orang di seluruh dunia dan digunakan oleh lebih dari 3.000 perangkat.

 

Keluaran terbaru Opera kali ini menawarkan navigasi yang lebih halus. Scrolling, panning, dan zooming juga telah ditingkatkan dibanding browser Opera Mini 5 sebelumnya. Pengguna juga bisa “mencubit” layar untuk memperbesar tampilan yang diinginkan. Browser ini juga menambahkan fitur untuk “sharing”, sehingga pengguna akan lebih mudah untuk berbagi di jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, vKontakte, atau My Opera. Versi terbaru ini juga lebih optimal untuk penggunaan pada tablet PC dengan penjelajahan web yang lebih halus.

 

“Jika Anda merasakan kehilangan semangat pada web di ponsel atau tablet, jangan putus asa dulu. Cobalah salah satu dari browser kami,” ujar Lars Boilesen, CEO Opera Software.” Matahari akan selalu bersinar, dan browser Opera bersinar di lebih dari 3.000 perangkat,” ujarnya.

 

Lalu, apa perbedaan antara browser Opera Mini dan Opera Mobile?

 

Browser Opera Mini menggunakan server Opera untuk mengkompres halaman web menjadi sepersepuluh dari ukuran aslinya sebelum dikirimkan kembali ke ponsel Anda. Karena data yang dikirim lebih kecil, halaman web akan terkirim lebih cepat daripada kecepatan suara. Hal ini juga otomatis akan menghemat tarif pulsa Anda jika Anda menggunakan layanan internet yang berbasis “volume based”. Opera Mini 6 ini ditujukan bagi perangkat yang memakai sistem operasi J2ME, Android, Blackberry, dan Symbian/S60. 

 

Sedangkan browser Opera Mobile memberikan optimalisasi pada smartphone dan tablet PC. Browser ini juga sudah mendukung platform HTML 5. Dengan mesin browser Opera Presto sebagaimana yang terdapat pada browser Opera desktop, Opera Mobile bisa memberikan penjelajahan yang cepat untuk layanan data internet unlimited atau nirkabel (Wi-Fi). Opera Mobile 11 bisa dipakai untuk perangkat dengan sistem operasi Android, Symbian, Windows 7 desktop, MeeGo, dan Maemo.

 

Tertarik? Silakan kunjungi m.opera.com dari ponsel Anda untuk mencoba browser terbaru Opera ini.  [Arif Haryanto]