Di triwulan awal tahun ini, muncul dua PC tablet yang sudah lama dinanti. Motorola Xoom dan iPad 2. Motorola Xoom yang baru dirilis pada akhir Februari sempat dikhawatirkan akan menjadi rival yang sangat kuat untuk iPad 2. Namun, hal itu belum sepenuhnya terbukti. Hal ini dilihat dari sukses penjualan iPad 2 di Amerika Serikat di debut hari pertama penjualan yang mencapai 500 ribu hingga 600 ribu unit akhir pekan kemarin.

 

Motorola Xoom didaulat menjadi saingan utama karena Android OS terbaru yang dibawanya, yaitu Android 3.0 Honeycomb. PC tablet ini menjadi PC tablet pertama yang membenamkan Honeycomb di dalamnya. Berbeda dengan Android Froyo yang pada awalnya dibuat untuk ponsel cerdas, kelas terbaru Android ini sedari awal sudah secara khusus dikembangkan untuk pengoperasian PC tablet. Sistem operasi ini memberikan pengalaman browsing, fitur hologram, dan kemampuan 3D yang lebih bagus.

 

Di sisi lain, iPad 2 hadir dengan kualitas yang lebih baik dari iPad sebelumnya. Menggunakan prosesor berbeda dari iPad sebelumnya, yaitu dual-core A5. Chip ini disebut-sebut memiliki kualitas kinerja yang lebih baik dengan serapan tenaga yang lebih rendah. Dengan prosesor ini, iPad 2 akan memiliki kecepatan 66% lebih cepat. Mengutip pendapat Daniel Dilger, penulis AnandTech, iPad 2 memiliki kualitas kinerja di atas iPad seri sebelumnya dan juga Motorola Xoom. (mashable.com)

 

”Dengan menggunakan GLBenchmark 2.0, kami telah membandingkan kinerja iPad 2 dengan iPad sebelumnya dan Motorola Xoom. Hasilnya, iPad 2 lebih cepat tiga hingga tujuh kali dari iPad sebelumnya dan dua hingga tujuh kali lebih cepat dari Motorola Xoom,” ujar Dilger (14/3).

 

Dari segi fitur, iPad 2 dan Motorola Xoom tidak jauh berbeda. Wifi dan 3G merupakan fitur standar di dua PC tablet ini. Dilengkapi dengan 2 kamera di bagian depan dan belakang. Jika di Motorola Xoom kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5MP, berbeda dengan iPad 2 yang memiliki kualitas kamera depan VGA dan untuk kamera belakang Apple mengklaim memiliki kualitas HD (High Definition).

 

Dilihat dari segi harga, iPad 2 lebih terjangkau daripada Motorola Xoom. iPad 2 dilepas ke pasar mulai dari US$ 499 dollar, sedangkan Motorola Xoom jauh lebih mahal dengan harga US$ 800. Perbedaan harga yang sangat jauh namun dengan kualitas yang tidak begitu jauh di antara keduanya. Tidak mengherankan jika Motorola Xoom belum bisa mengalahkan penjualan iPad 2. iPad 2 pun hingga saat ini  masih memimpin pasar PC tablet. (metriastria)