Kabar menggembirakan untuk gamers. AMD, perusahaan yang fokus pada pengembangan grafis ini mengeluarkan AMD Radeon HD 6990. Tidak tanggung-tanggung, kartu grafis ini didaulat menjadi kartu grafis tercepat di dunia. Kartu ini menghasilkan rekor dunia kartu grafis tunggal, P11865 pada standar industri 3Dmark111.

 

Kartu grafis AMD Radeon HD 6990 meliputi generasi kedua AMD. Memiliki kemampuan arsitektur Microsoft DirectX11. Dengan fitur ini, kualitas gambar yang dihasilkan pun sangat bagus. Teknologi AMD PowerTune memungkinkan kecepatan clock lebih tinggi sehingga game bisa berjalan dengan lebih cepat. 

 

“Dengan merangkum kinerja baku yang lebih baik dari kartu grafis manapun yang pernah diciptakan, AMD Radeon HD6990 menyediakan manfaat terbaru bagi game-game advance,” ungkap Matt Skynner, Corporate Vice President dan General Manager, GPU division, AMD (10/3).

 

Menyediakan medan pandang yang lebih luas dan lebih mendalam, teknologi AMD Eyefinity berlanjut menjadi solusi multi-display. Menawarkan lusinan konfigurasi yang memungkinkan hingga lima tampilan secara simultan. Melalui teknologi multi-display AMD Eyefinity kartu grafis ini dapat memberikan dukungan penuh untuk menjalankan sekitar 5×1 permainan (gaming). Hal terbaru dari prosesor grafis AMD Radeon HD 6990 adalah kemampuannya untuk mengonfigurasi lima monitor dengan mode portrait.

 

Tidak hanya itu, melalui DisplayPort 1.2 memungkinkan untuk dukungan enam tampilan permainan. Kartu grafis AMD Radeon HD 6990 juga memiliki fitur saklar tekan dual-BIOS. Dengan fitur ini, para gamer bisa membuka kunci kartu dan mempercepat clock serta tegangan untuk meningkatkan kinerja. AMD HD3D menyediakan teknologi gaming 3D stereoskopis dan pengalaman film, dengan dukungan HDMI 1.4a.

 

”AMD Radeon  HD6990 diipasangkan dengan teknologi multi-display AMD Eyefinity, manajemen daya AMD PowerTune, dan AMD HD3D. Kartu ini sangat kuat sehingga dapat menjalankan aktifitas bahkan yang paling menuntut sekalipun,” jelas Skynner.

 

Kartu grafis AMD Radeon HD 6990 akan segera tersedia di peritel di seluruh dunia dengan berbagai model pilihan mulai dari US$ 699. (metriastria)