Kemudahan pengoperasian sistem dalam setiap bagian merupakan impian setiap orang. Karena itu, tidak bisa dipungkiri dengan tingkat kecepatan dan kebutuhan yang semakin meningkat di era modern ini, sesuatu yang lebih praktis dan efisien akan menjadi pilihan utama. Terutama untuk skala manajemen perusahaan yang lebih kompleks. Siemens, perusahaan IT asal Jerman ini memberikan solusinya melalui Totally Integrated Autromation Portal (TIA Portal).

 

Di Hotel JW Mariot Jakarta (24/2), Siemens secara resmi merilis TIA Portal, sebuah software otomatisasi pertama dengan engineering environtment dan software proyek terpadu. Software ini memberikan kemudahan melalui sistem otomatisasi yang cepat untuk pengembangan dan komisioning terhadap sistem. Software development environment gabungan ini menawarkan efisiensi di seluruh project automation yang di dalamnya terdapat programmable controllers, HMI devices dan drives. Semua data manajemen untuk parameter-parameter pada controller, block-block, tag-tag atau messages hanya memerlukan sekali input. Hal ini tentunya akan berefek pada efisiensi lebih terhadap waktu dan biaya software engineering dari proyek itu sendiri.

 

Semua perangkat dan jaringan di dalam sistem automasi ini dapat dikonfigurasikan melalui satu perangkat dan editor jaringan. Layanan-layanan seperti project navigation, library concepts, data management, project storage, diagnostics dan online function ada di dalam software ini. Aplikasi terpadu yang baru ini memungkinkan semua Programmable Controller Siemens, HMI operator panel dan drives dikonfigurasikan melalui satu environment development yang sama.

 

Kelebihan ini dapat menurunkan biaya interfacing serta konfigurasi pada layanan-layanan yang biasa dilakukan ketika pengaturan komunikasi antar controllers, drives dan HMI devices. Sebagai contoh, pengguna hanya perlu melakukan ‘drags and drops’ sebuah tag yang ada di dalam PLC, seperti sinyal dari modul I/O ke dalam tampilan HMI. Tag tersebut secara otomatis terbentuk di dalam HMI dan koneksi antara controller dengan HMI akan ter-create secara otomatis tanpa diperlukan konfigurasi manual. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah menemukan data yang diinginkan. Melalui program blocks dari automation project yang mengggunakan project-wide cross-reference system, pengguna dapat meminimalisir kemungkinan adanya error pada data entry.

 

Engineering software Simatic Step 7 V11 pada TIA Portal, dapat mendukung PLC Siemens seperti Simatic S7-1200 controllers, Simatic S7-300 dan Simatic S7 400 controllers serta PC based automation system Simatic WinAC. Ke depannya, pihak Siemens juga akan menyiapkan konfigurasi dan komisioning untuk Sinamics inverter drive di dalam TIA portal ini. (metriastria)