Setelah cukup sukses dipasarkan di kawasan Eropa dan Amerika pada 2009—terjual sekitar tiga juta unit—Mobile WiFi Huawei E5380 akhirnya diluncurkan di Indonesia kemarin (18/1). Mobile WiFi ini berguna bagi pengguna yang mempunyai beberapa device berbeda yang ingin dihubungkan dengan koneksi internet. Huawei WiFi ini dapat dihubungkan hingga ke lima device yang berbeda. Modem ini sudah bergerak di jaringan 3G/HDPA dan HSUPA dan menggabungkan dongle mobile broadband dan router WiFi yang didukung baterai.

 

Dengan dimensi 95,5 x 48,6 x 13,7 mm E5380 ini cukup kecil untuk dibawa berpergian. Device ini juga ringan, hanya sekitar 90 gram saja. Keseluruhan body device dibuat dari plastik, meskipun dari bagian tengah panel di depan dilapisi dengan cat aluminium. Kontrol Mobile WiFi mudah dilakukan karena hanya ada tiga tombol (menghidupkan, memulai dan memberhentkan koneksi internet). Tersedia juga slot untuk kartu microSD yang dapat dijadikan sebagai card reader saat dihubungkan dengan PC via mini-USB port.

 

Mobile WiFi ini tidak mempunyai layar LED, jadi informasi komunikasi dilakukan lewat lima LED. Satu LED menunjukkan apakah Mobile WiFi ini ada sinyal atau tidak, yang lain menunjukkan apakah terjadi roaming, transmiter sedang hidup atau mati. Ada juga indikator baterai sederhana dan indikator status broadband. Namun, sayangnya LED ini tidak menyampaikan lebih banyak informasi, misalnya LED menunjukkan apakah sinyal jaringan mobile sedang diterima atau tidak, device ini tidak menunjukkan kekuatan sinyal ketika sedang digunakan.

 

Sama halnya dengan indikator baterai yang hanya menunjukkan tanda kapan baterai harus diisi ulang tetapi tidak menunjukkan level baterai yang sedang digunakan. Pengisiulangan baterai juga memakan waktu yang cukup lama, tetapi baterai akan tahan hingga lima jam. Begitu pula ada sedikit kebingungan mode indikator broadband. Device ini memberikan sinyal biru gelap dan biru cerah yang menunjukan apakah sedang terhubung dengan HSDPA atau dengan 3G. Bagai yang masih awam tentu akan kebingungan, lebih baik jika dilakukan satu indikator saja. Yang pasti, konfigurasi Mobile WiFi baru bisa dilakukan setelah terhubung dengan PC.