EcoStruxure, sebuah konsep penghematan energi yang dikembangkan Schneider kini merambah ke sektor pengelolaan air dan limbah air. Solusi baru yang ditawarkan perusahaan asal Perancis ini meliputi arsitektur sistem terintegrasi EcoStruxure dengan penghematan energi hingga 30%. Secara spesifik, 30% penghematan itu diperoleh dari efisiensi biaya perancangan dan operasionalnya. Sedangkan untuk konsumsi energi di fasilitas pengelolaan air, penghematan bisa mencapai 30% – 50%. 

 

Melalui SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) dan optimisasi operasi pompa dan pemantauan penggunaan energi secara berkesinambungan maka penghematan itu bisa dicapai. Dua rangkaian produk ini menunjang kesinambungan operasional pengelola air dan limbah air yang mengandalkan energi dalam menghantarkan layanannya hingga sampai ke pengguna. Meminimalisir risiko kehilangan daya listrik dan memaksimalkan pemantauan pemakaian perangkat agar dapat berjalan sesuai dengan kapasitas.

 

“Listrik memiliki peranan penting dalam pengelolaan air dan limbah air, baik dalam arti biaya maupun ketersediaan energi dalam operasional. Karena itu diperlukan perhatian khusus menghasilkan efisiensi energi, mengoptimalkan penggunaan energi serta memastikan ketersediannya secara berkelanjutan,” ujar Luther Jahja, VP Industry PT Schneider Indonesia (18/01).

 

Kinerjanya, sistem SCADA akan memberikan kemampuan kepada operator fasilitas air untuk memonitor dan mengendalikan proses pengolahan dan pendistribusian air secara terpusat. Tidak hanya disitu, operator bisa sekaligus mengumpulkan informasi mengenai pemakaian energi pada jaringan listrik secara langsung. Sebagai hasilnya, departemen operasional dapat melakukan peningkatan kapasitas secara efisien.

 

Penggunaan kamera pada sistem SCADA juga membantu operator untuk mendapatkan informasi secara visual mengenai kondisi pada area tertentu untuk mendukung operasional. Selain itu, fitur variable speed drive pada aplikasi pompa membantu menghemat energi yang beresiko terbuang akibat perubahan konsumsi debit air di sisi pengguna.

 

Pengenalan solusi manajemen energi di bidang pengolahan air dan air limbah ini secara lengkap ditampilkan di Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum, di Bidakara Hotel Jakarta dari hari ini hingga dua hari mendatang. (metriastria)