Asus meramaikan pasar tablet komputer dunia. Pada awal Januari Asus mengeluarkan empat tablet komputer sekaligus di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas. Adalah Eee Pad Slider, Eee Pad Transformer, Eee Pad Transformer, Eee Pad MeMO dan Eee Slate EP 121. Kesemua tipe ini disediakan dalam tiga ukuran layar berbeda dan dua pilihan sistem operasi, yaitu Windows 7 Home Premium atau Google Android.

 

Produk Eee Pad Slider mungkin paling menarik perhatian karena mengkombinasikan keyboard fisik dalam tablet komputer mereka, hal yang pernah dilakukan RIM pada Blackberry Torch atau HTC Shift dengan keyboard QWERTY slide out-nya. Komputer ini tidak hanya mempunyai layar sentuh IPS 10,1 inci namun juga ada slide QWERTY yang dapat digeser keluar ketika mengetik. Desain seperti ini diharapkan dapat menjangkau dua tipe konsumen yang berbeda. Produk ini juga dilengkapi procesor mobile NVIDIA Tegra 2 dengan CPU dual core dan GPU NVIDIA GeForce yang belum pernah digunakan pada perangkat mobile. Eee Pad Slider dilengkapi kamera depan dengan kekuatan 1,2 MP dan kamera belakang dengan 5 MP serta dijalankan dengan sistem operasi Android 3.0 di dalamnya.

 

Jika tidak terlalu suka keyboard fisik seperti itu, Asus juga menyediakan Eee Pad Transformer. Dengan layar 10,1 inci, pengguna dengan mudah dapat mengakses web, email, dan aplikasi produktivitas lainnya. Antarmuka pengguna khusus memberikan akses mudah ke berbagai fitur yang tersedia dari sistem operasi Android 3.0, sementara chipset NVIDIA® Tegra 2 memberikan dukungan penuh untuk Adobe Flash, konferensi dan pemutaran video HD dengan lancar.

 

Docking opsional mengubah Transformer menjadi layaknya sebuah notebook dengan keyboard QWERTY saat digunakan di atas meja, dengan daya tahan baterai hingga 16 jam. Seperti halnya Eee Pad Slider, kamera digital depan (1,2 MP) dan belakang (5 MP) mempermudah untuk video chat dan foto, ditambah port mini-HDMI terintegrasi menjadikan koneksi ke layar eksternal semakin mudah untuk memutar video HD 1080p.

 

Untuk pengguna yang menyukai gadget yang lebih mudah dibawa dalam perjalanan, Asus menyediakan Eee Pad MeMO adalah tablet berlayar 7,1 inci yang dapat disimpan di saku dan dilengkapi stylus pen, port Micro HDMI yang memungkinkan produk ini dapat terhubung ke layar eksternal untuk pemutaran video Full HD 1080p. Sedangkan Eee Slate tersedia dengan pilihan kapasitas media penyimpanan SSD 32GB atau 64GB (dapat ditambah dengan SDXC), dan RAM DDR3 hingga 4GB. Semua tipe dilengkapi Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 3.0, kamera 2-megapixel, ditambah dua port USB 2.0 yang mendukung berbagai perangkat, juga port mini-HDMI.

 

Menurut estimasi dari Market Intelligence and Consulting Institute (MIC) pada Desember 2010, penjualan tablet diprediksi akan naik 183 persen menjadi 34,81 juta unit di tahun 2011 dan akan naik lagi 45,7% di tahun 2012 dengan pasar hingga 50 juta unit.