Apple memang menjadi trendsetter di dunia gadget. Bagaimana tidak, melalui iPhone, Apple berhasil merubah tren smartphone dari alphanumeric keypad ke touch screen. Atau PC tablet ala Apple (iPad) yang berhasil membawa vendor PC berlomba-lomba membuat PC tablet. Jauh sebelum itu Apple membuat gebrakan dengan mengeluarkan mp3 dan mp4 player yang dikenal dengan iPod. Alat pemutar musik ini pun menjadi pemimpin dalam kelasnya dan menjadi acuan beberapa vendor lainnya hingga saat ini.

 

Kali ini, persaingan itu hadir dari Samsung. Vendor dari Korea Selatan ini akan mengeluarkan gadget pesaing iPod Touch yang diberi nama Samsung Galaxy Player. Samsung Galaxy Player merupakan turunan dari keluarga Samsung Galaxy yang terkenal dengan tampilan touch screen dan OS Android Froyo-nya. Dikutip dari www.afterdawn.com (27/12), Samsung Galaxy Player akan mulai diperkenalkan di Consumer Electronics Show (CES) pada Januari mendatang. Namun, belum ada informasi pasti mengenai harga yang akan dibanderol pada gadget ini.

 

Layaknya keluarga Samsung Galaxy, music player ini menggunakan OS Android Froyo. Maka tak ayal, Samsung akan menjadi vendor pertama yang mengeluarkan music player dengan OS Android. Hal ini bisa menjadi poin plus mengingat Android memiliki banyak aplikasi tambahan melalui Android Market yang mencapai 100 ribu lebih aplikasi.

 

Keunggulan lain dari Samsung Galaxy Player adalah dibenamkannya kamera 3,2 MP di sisi belakang dan 1,3 MP di sisi muka player. Hal ini menjadi nilai plus, mengingat iPod Touch tidak melengkapi device-nya dengan kamera. Spesifikasi lain yang ditawarkan gadget ini adalah dukungan prosesor 1 GHz dan LCD berukuran 4 inch Super Clean WVGA dengan resolusi 800 x 480. Dan tentunya juga dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth 3.0.

 

Fitur-fitur yang ada pada Samsung Galaxy Player memang bisa dengan mudah mengalahkan posisi iPod Touch. Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini adalah belum adanya store music online di Samsung, tidak seperti Apple yang memiliki iTunes. Apakah dengan munculnya music player ini, Samsung akan memberikan inovasi lain. Kita lihat saja nanti. (metriastria)