Fujitsu kembali mengeluarkan teknologi baru untuk virtualisasi data center. Teknologi baru itu hadir melalui dukungan VMware dan VAAI untuk ETERNUS DX400/DX8000. Melalui dukungan ini, operasional storage yang sebelumnya membutuhkan sumber daya server kini bisa dipindahkan ke ETERNUS DX400/DX8000. Selain itu, dukungan ini mengintegrasikan VMware dengan fungsi-fungsi storage disk, menurunkan beban kerja server sehingga menjadi platform yang ideal bagi virtualisasi dan konsolidasi data center berskala besar.

 

“Penerapan virtualisasi pada data center menjanjikan banyak manfaat bagi bisnis seperti fleksibilitas dan efisiensi biaya. Melalui teknologi ini, sejumlah tantangan utama dalam penerapan virtualisasi bisa diatasi sehingga pengguna bisa lebih cepat memetik hasil dari investasi storage mereka,” ujar Sastra P. Kurnadi, Deputy Director, Platform Business Group Fujitsu Indonesia (22/12).

 

Dalam kinerjanya, VAAI akan mendongkrak kinerja VMware vSphereTM 4.1 di atas ETERNUS DX400/DX8000 sehingga lebih fleksibel, beroperasi lebih efisien dan meningkatkan efektivitas sistem storage. Yang nantinya akan menghadirkan tiga fungsi utama dari ETERNUS DX400/DX8000, yaitu full copy, block zeroing, dan hardware assisted locking.


Proses menyalin data akan memanfaatkan fitur akselerasi sumber daya dan peranti  keras dari storage array. Dengan cara ini, server terbebas dari operasi read and write sehingga mempercepat proses secara keseluruhan. Hal ini akan berefek pada beban kerja server yang berkurang dan pemakaian sumber daya akan lebih efektif. Fungsi block zeroing mempercepat inisialisasi peranti keras ketika mengalokasikan kapasitas storage baru. Hal ini akan mengurangi beban kerja server dan mempercepat pengadaan virtual machine. Dengan demikian, jumlah server yang dibutuhkan untuk menangani kinerja aplikasi menjadi lebih sedikit.

 

Sedangkan kemudahan yang ditawarkan hardware assisted locking yaitu melalui mekanisme penguncian yang bisa dilakukan di level blok, bukan di LUN. Dengan cara ini, pengaturan bisa dilakukan secara lebih detil dan mengurangi tugas-tugas umum seperti migrasi virtual machine, aktivasi dan deaktivasi banyak virtual machine secara bersamaan dan pembuatan virtual machine berbasis template. Fitur ini membantu proses pembuatan data center virtual dengan banyak VM secara lebih efisien dengan operasional yang lebih fleksibel. (metriastria)