Kamis kemarin (16/12), Opera Software secara resmi memperkenalkan versi terbaru dari browser desktop-nya, Opera 11. Dengan mengkombinasikan desain yang elegan, update pintar untuk beberapa fitur populer, serta cara baru untuk mempersonalisasi Opera sesuai keinginan pengguna, Opera 11 ini diyakini akan merebut perhatian pengguna komputer pribadi.

 

Opera 11 ini berukuran 30 persen lebih kecil dari Opera 10.60, sehingga mengunduhnya pun jadi jauh lebih cepat. Plug-in dapat diatur untuk dimuat berdasarkan permintaan, sehingga mampu meningkatkan kinerja browser hingga 30 persen.

 

Lalu, apa saja yang fitur-fitur terbaru dari Opera 11 ini? Opera 11 menyajikan tumpukan tab, yang merupakan fitur untuk mengatur tab yang sedang dibuka dengan cara lebih baik. Cukup dengan menggeret satu tab di atas tab lainnya untuk membuat tumpukan.

 

Fitur lain adalah penyempurnaan ekstensi, yang akan membantu pengguna untuk mempersonalisasi browser-nya dan meningkatkan kemampuan Opera. Lebih dari dua juta ekstensi telah diunduh di https://addons.opera.com. Menurut Opera, ada lima ekstensi yang paling banyak diunduh para pengguna hingga saat ini, yaitu NoAds (ekstensi pemblokir iklan), LastPass (pengelola password dan pengisi formulir yang tersedia secara gratis), FastestTube (pengunduh video YouTube), Image preview (yang bisa menampilkan gambaran pop-up yang berisi foto), serta Translate (penerjemah halaman web otomatis)

 

Tambahan lain, yaitu dengan adanya isyarat mouse secara visual. Cukup dengan gerakan tangan, isyarat mouse memungkinkan pengguna untuk mengendalikan mundur dan maju, membuka halaman baru, menutub tab dan banyak hal lainnya.

 

Kolom alamat yang juga kini lebih aman, dengan mengubah bar alamat di Opera, sehingga pengguna dapat merasakan tingkat keamanan yang lebih baik pada situs yang sedang dikunjungi. Opera 11 saat ini akan menampilkan tanda yang lebih jelas yang mengindikasikan tingkat keamanan dan memungkinkan akses secara cepat pada informasi keamanan dan jaminan tentang situs tersebut dengan sekali klik.

 

“Kami selalu bekerja keras untuk memperkenalkan ide-ide baru dan berani dalam penjelajahan web,” ujar Jon von Tetzchner, pendiri Opera. “Opera 11 menambahkan beberapa penyempurnaan bagi fitur-fitur yang sudah dikenal dan disenangi para pengguna selama lebih dari satu dekade. Jika Anda belum pernah menggunakan Opera sebelumnya, Opera 11 akan merubah pandangan Anda tentang penjelajahan web,” imbuh Tetzchner.

 

Tertarik mencobanya? Silakan unduh Opera untuk Windows, Mac, dan Linux di http://www.opera.com. [Arif Haryanto]