Mobilitas para pekerja dan pebisnis saat ini sangat tinggi. Mereka biasa untuk melakukan pekerjaan di manapun dan menggunakan piranti apa saja. Untuk mendukung hal itu, Fujitsu mengeluarkan piranti plug and play Portable Zero Client MZ900. Portable Zero Client ini memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop virtual dari komputer apapun dan di mana pun selama terhubung ke jaringan.

 

Portable Zero Client MZ900 ini dikembangkan sebagai solusi untuk perusahaan yang ingin menyediakan koneksi jarak jauh bagi pekerja. Di mana pun pekerja itu berada, mereka tetap terhubung dengan desktop kantor dan bisa menyelesaikan pekerjaan di mana pun mereka berada. Dengan ukuran yang hanya sebesar USB, Portable Zero Client ini sangat efektif untuk dibawa kemana-mana.

 

Sistem plug and play yang diusung memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengaktifkan jaringan ke sistemnya. Di dalam partisi read-only USB terdapat piranti lunak yang berfungsi menjalin akses secara aman, mudah dan cepat ke sistem sehingga pengguna bisa log-on ke image desktop Zero Client miliknya, dari mana pun selama ada koneksi. Data-data sensitif yang sudah terenkripsi hanya bisa diakses ketika peranti ini tersambung dan mendapatkan otorisasi. Ketika dicabut, Portable Zero Client tidak meninggalkan jejak apapun di mesin host sehingga sangat menjamin keamanan data pengguna.

 

“Kini para pekerja mobile bisa membawa desktop pribadinya di dalam saku, ke manapun mereka pergi dengan pikiran yang tenang karena data mereka terlindungi, dari manapun mereka terhubung ke jaringan,” ujar Achmad Sofwan, Chief Operating Officer Fujitsu Indonesia (21/10).

 

Keamanan lain yang ditawarkan Portable Zero Client ini adalah terbebas dari serangan virus, seperti Trojan. Serangan virus yang menjadi salah satu risiko terbesar dari mobile workforce ini bisa dihindari. Jaringan korporasi terlindungi dari serangan-serangan tersebut karena tidak bisa mengubah paksa koneksi dan peranti lunak di dalamnya. Selain itu, peranti lunak dalam Portable Zero Client melakukan proses login dari partisi yang terlindungi sehingga melindungi malware di dalam mesin host.

 

Dengan fungsi dan keamanan yang ditawarkan, Portable Zero Client MZ900 ini akan dibanderol dengan harga yang berbeda-beda untuk setiap negara dan baru akan tersedia pada Desember 2010 di kawasan Asia Tenggara. (metriastria)