Ben Affeck terbukti piawai di depan kamera sebagai aktor dan di belakang kamera sebagai penulis dan sutradara. Setelah sebelumnya sukses menyabet penghargaan Oscar pada 2008 untuk katagori Best Writing Screenplay Written Directly for the Screen dengan Matt Damon untuk film “Good Will Haunting”, Ben kembali menunjukan bakat di belakang layarnya. Kali ini film kedua yang disutradarai dan dilakoninya, The Town.

 

Film bergenre action-drama ini diadaptasi dari novel “The Prince of Thieves” karya Chuck Hogan yang memenangkan Hammett Prize 2005 untuk Penulisan Kriminal Terbaik. Bercerita tentang empat tokoh utama Doug MacRay (Ben Afflect), Jimmy Coughlin (Jeremy Renner), Claire Keesey (Rebecca Hall) dan Frawley (Jon Hamm) yang berkutat dalam konflik. Doug mengepalai komplotan perampok bank profesional yang ingin melakukan perampokan terakhir bersama kelompoknya. Konflik dimulai saat mereka harus menyandera Claire yang merupakan manajer bank sasaran Doug dkk.

 

Doug yang ingin mengakhiri “karir”nya sebagai perampok terlibat konflik dengan Jimmy, tokoh emosional dan masih mempunyai hubungan keluarga dengan Doug. Claire masuk ke dalam lingkaran itu dan terlibat hubungan asmara dengan Doug sehingga memicu perpecahan antara Jimmy-Doug.

 

Dalam film berdurasi 124 menit ini, Ben Afflect berhasil mengangkat kampung halamannya di Charlestown, Boston. Meskipun sempat diprotes warga Boston karena menutup jalan utama untuk pengambilan adegan tetapi Ben yakin akan banyak turis akan datang ke kota mereka.