Bercerita tentang seorang anak muda bernama Scott Pilgrim yang jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap seorang gadis, Ramona Flowers. Terdengar klise? Jangan antipati dulu. Film garapan Edgar Wright ini dikemas menarik dan unik ala video game karena Scott Pilgrim harus mengalahkan tujuh mantan pacar gadis yang dicintainya.

 

Masalahnya ketujuh mantan pacar Ramona rupanya bukan orang sembarangan, mereka semua mempunyai kekuatan super dan bertekad untuk menjaga Ramona dari lelaki manapun. Tiap mantan akan mengajak Scott duel, jadi dia harus mencari kelemahan lawan, mengalahkannya untuk naik ke level berikutnya. Persis seperti main video game. Film berdurasi 112 menit ini pun digarap dengan visual efek dan sound effek menarik serta pertarungan yang seru dengan mantan-mantan pacar Ramona.

 

Scott Pilgrim Vs. The World diambil dari serial komik karya Bryan Lee O’Malley yang menggambarkan Scott sebagai pemuda 23 tahun yang tinggal di apartemen kecil, seorang gitaris dari band kecil-kecilan yang dibentuknya dan tinggal bersama teman gay. Michael Sera dengan baik memerankan Scott Pilgrim yang aneh sekaligus cool sebagai superhero. Meskipun pernah main di ‘Superbad’ dan ‘Juno’, Michael Sera baru kali ini diakui main bagus.

 

Secara keseluruhan film ini menggabungkan imajinasi komik, musik rock alternatif, video game, gerakan bela diri dan kisah percintaan klise. Meskipun bukan film yang luar biasa, tetapi film ini sangat menghibur dan kemungkinan besar masih tersenyum setelah keluar dari bioskop.
 

(wayan.meidawati)