Satu lagi handset yang menyediakan fasilitas 4G WiMax, Samsung Galaxy S Epic 4G (Sprint). Meskipun belum semua daerah di Indonesia memiliki fasilitas WiMax, namun ada baiknya melihat gadget yang sudah dilengkapi teknologi 4G ini. Epic 4G (Sprint) mempunyai dimensi terbesar dalam ‘keluarga’ Samsung Galaxy S. Dengan ukuran panjang 4.9 inci, lebar 2.54 inci dan tebal 0.56 inci, ponsel pintar ini memiliki kelebihan berupa layar sentuh AMOLED yang besar dan QWERTY yang memudahkan para pengguna yang menyukai keypad fisik.

 

Meskipun besar, kekuatan Epic 4G juga besar. Berkat prosesor 1GHz Hummingbird Cortex A8 processor, ponsel ini sangat cepat dalam membuka berbagai aplikasi dan jarang ada jeda saat transisi aplikasi dan multitasking. Selain itu, Epic 4G ini juga bisa langsung terhubung dengan Samsung Media Hub Store akan diluncurkan belakangan.  Seperti Galaxy S yang lain, ponsel ini juga berbasis Android 2.1 dengan Samsung TouchWiz 3.0, meski sedikit ketinggalan dengan android lain, pihak Samsung berjanji akan meng-upgrade Epic 4G dengan OS Android 2.2.

 

Hadir dengan kamera 5MP dan LED flash, Epic 4G ternyata bisa menghasilkan gambar yang bagus. Sama seperti HTC Evo 4G, Epic 4G juga dapat menjadi mobile Wi-Fi hotspot yang dapat digunakan pada lima device lain. Sebenarnya Epic 4G merupakan ponsel CDMA yang dapat menangkap konektivitas EV-DO 3G dan WiMax Spint-nya 4G. Ponsel ini bisa jadi salah satu alternatif jika fasilitas WiMax sudah tersedia di banyak kota di Indonesia.

 

Hanya tiga kekurangan Samsung Epic 4G ini. Satu, masalah ukurannya yang besar sehingga terasa kurang nyaman. Kedua, harga yang dibandrol Samsung juga termasuk mahal, sekitar US$ 249.99 atau lebih mahal lebih dari US$ 150 dari HTC Evo 4G. Meskipun performanya bagus, namun masih dinilai belum sesuai dengan kelasnya. Yang terakhir adalah penyediaan fasilitas WiMax yang belum maksimal di Indonesia dan di negara-negara lain, termasuk di Amerika Serikat.

 

(wayan.meidawati)