Perusahaan penyedia layanan broadband dan TV kabel, PT First Media Tbk, melakukan sebuah inovasi untuk para pelanggan TV Kabel di Indonesia. Hari ini (10/08) di Jakarta, First Media meluncurkan siaran televisi beresolusi tinggi (high definition / HD). Layanan yang mereka klaim sebagai siaran TV HD pertama di Indonesia ini bisa dinikmati pelanggan dengan menambahkan sebuah digital HD box. Mulai Agustus ini, layanan HD First Media bisa dinikmati pelanggan.

 

Kita ketahui bersama, jika standar resolusi TV pada umumnya 480p, mengacu pada 480 baris pixel dari atas ke bawah. Sedangkan untuk TV HD memiliki 720 atau 1080 baris pixel dari atas ke bawah, sehingga biasa disebut dengan 720p / 1080p. Dengan resolusi yang dimiliki ini, HD akan memanjakan pelanggan dengan kualitas visual, kejamanan gambar, dan suara dari tayangan TV layaknya di bioskop.

 

“Teknologi HD merupakan perkembangan baru dalam siaran TV digital dan akan menjadi standar baru industri pertelevisian dunia. First Media ingin menghadirkan era baru dalam dunia pertelevisian di Indonesia, era HD,” ujar Presiden Direktur First Media, Hengkie Liwanto.

 

Menurut Hengkie, siaran beresolusi tinggi ini sangat diperlukan bagi pelanggan yang memiliki TV berlayar lebar. Karena semakin lebar layar TV, resolusi yang dibutuhkan pun semakin besar untuk mempertajam gambar sehingga terlihat lebih ’hidup’. Tayangan HD First Media ini didukung oleh HBO-HD dan ESPN-HD. Keduanya merupakan saluran televisi kabel yang menyiarkan berbagai film box office, olah raga, dan beberapa program hiburan lain.

 

Untuk masalah harga digital HD Box, pihak First Media menyediakan alat itu melalui sistem sewa dengan harga Rp 100 ribu per bulan. Lanjut Hengkie, untuk saat ini pihaknya mengejar dari sisi eksklusifitas. Target pelanggan yang terengkuh hanya sekitar 5000 dari 30 ribu pelanggan yang mereka miliki.

 

(metriastria)