Research In Motion (RIM) akan meluncurkan BlackBerry Torch 9800 ke pasaran pada 12 Agustus mendatang waktu AS. Beberapa media telah melakukan review terhadap ponsel baru yang didaulat sebagai ponsel tercanggih BlackBerry ini. Meskipun amat populer di dunia, bukan rahasia lagi BlackBerry perlu meningkatkan aplikasi game dan operating system mereka agar bisa sejajar dengan para android. BlackBerry Torch 9800 sudah menggunakan operating system terbaru, BlackBerry OS 6, dengan browser dan  multimedia yang lebih baik. Namun RIM tidak mengubah display dan prosesor-nya sehingga masih sedikit ketinggalan dengan ponsel pintar lain.

 

BlackBerry Torch 9800 didesain dengan kombinasi unik antara keypad QWERTY, layar sentuh berbentuk sliding dan trak pad. Hal ini dilakukan agar pengguna BlackBerry sebelumnya dengan mudah terbiasa dan terasa familiar sekaligus nuansa baru. Torch 9800 memiliki dimensi berupa panjang 4.4 inci, lebar 2.4 inci dan setebal 0.6 inci. Layar sentuhnya 3.2 inci, VGA (480×360 at 188 pixels per inch), jadi meskipun jelas terbaca, BlackBerry Torch 9800 masih beresolusi rendah bila dibandingkan dengan HTC Droid dan Samsung Capcative. Meskipun begitu layar sentuhnya reaktif.

 

Seperti para android, BlackBerry Torch 9800 dapat diswift horizontal maupun vertikal, dan proses swift-nya lumayan cepat. Aplikasi DataViz Documents To Go Standard Edition, memopad, kalkulator, BrickBreaker, Word Mole, and Bejeweled juga ditanamkan dalam Torch. Jika masih kurang dapat mengunduh aplikasi lain yang ada di BlackBerry App World 2.0 yang menyediakan 9 ribu aplikasi.

 

Kelemahan BlackBerry Torch terdapat pada layarnya yang beresolusi rendah seperti yang disebutkan di atas. Camcorder juga hanya bisa merekam VGA. Selain itu jika Anda mengunduh aplikasi, aplikasi tersebut hanya dapat disimpan di memori telepon genggam saja, betapa repotnya memindahkan ke kartu memori. Tetapi seara garis besar, OS BlackBerry 6 telah menawarkan peningkatan dengan beberapa upgrade yang memang dibutuhkan.

 

(wayan.meidawati)