Satu lagi saingan Apple muncul di pasaran, Dell mengeluarkan tablet Streak yang merupakan kombinasi menarik dari smartphone dan tablet PC. Streak memiliki dimensi berupa panjang 3.2 inci, lebar 6 inci dan setebal 0.35 inci. Hal ini mematahkan ukuran lazim sebuah smartphone—yang sedikit lebih besar—namun hanya sepertiga ukuran iPad.

 

Kekuatan Streak merupakan kombinasi unik yang belum pernah ada dengan memberikan batas samar perbedaan antara smartphone dan tablet PC. Steark dapat dilihat sebagai smartphone karena mempunyai fungsi untuk menelepon. Streak juga dilengkapi 5 MP kamera autofocus yang terintegrasi dengan flash LED, layar beresolusi 800×480, camcorder, fasilitas pendukung 3G, Wi-Fi 802.11b/g dan Bluetooth 2.1. Kelebihan lain adalah proses reaksi swift (membalikan layar dari horizontal ke vertikal atau sebaliknya) adalah yang tercepat dari semua tablet yang pernah ada.

 

Namun ada juga kekurangan Steark yang harus diperhatikan para calon penggunanya nanti. Baterai Streak dinilai lemah karena hanya bisa bertahan 9 jam waktu bicara. Layar sentuh yang membuat canggung karena area sentuh yang—meskipun memiliki respon cepat—kecil dan menyulitkan, Streak juga masih menggunakan OS Android 1.6, kualitas pemutar musik yang di bawah rata-rata dan posisi kamera yang kurang strategis sehingga sering kali membuat bayangan pada foto atau video. Selain itu tidak semua aplikasi di Android Market kompatibel dengan Dell Streak ini.

 

Meskipun dengan ukuran ‘tanggung’, Streak didaulat sebagai kompetitor Apple iPad yang paling kuat di kelasnya. Harga Streak sendiri belum diberitahukan oleh pihak Dell, namun setidaknya akan ada di atas kisaran harga US$ 500 (Rp4.5 juta). Nampaknya sedang ada tren baru muncul, smartphone berbasis sistem operasi android akan menguasai pasar ke depan. Menurut data analisis Canalys, pengapalan android sendiri sudah melonjak di atas 886% pada kuartal kedua tahun ini.

(wayan.meidawati)