Semakin berkembang teknologi alat perekam suara (sound recorder) digital saat ini. Salah satunya ICR-XPS01MF dari Sanyo yang dilengkapi dengan dua mikrofon (multi stereo mic) dan speaker cradle yang ramping. Sanyo mengklaim sound recorder ini memiliki kualitas rekaman suara yang baik karena dilengkapi dengan noise reduction filter yang mampu menyaring frekuensi dibawah 300Hz pada waktu merekam. Noise seperti suara angin dan pendingin ruangan bisa dihindari dengan menggunakan teknologi ini.

 

Sebagai pendatang baru keluarga Xacti, ICR-XPS01MF memiliki bentuk yang ramping dan ringan karena tebalnya hanya 9.4 mm dengan berat tidak lebih dari 46 gram. Pengoperasiannya juga sudah menggunakan sensor layar sentuh dan tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan merah menambah manis tampilan luarnya.

 

Alat perekam ini mampu merekam suara dengan format MP3 dan Linear PCM. Format Linear PCM  mampu merekam suara dengan jernih, layaknya audio CD karena memiliki kekuatan 16 bit, 44,1 kHzm 1411 kbps, dan maksimun rekaman 21.000 Hz.  Bila menginginkan waktu rekam dan putar suara yang lebih panjang, pengguna dapat memakai format MP3 yang memiliki perfoma tinggi dengan 44,1 Hz, 320 kbps dan maksimum rekaman 20.000 Hz. File suara yang terekam akan disimpan dalam microSD sehingga mudah ditransfer ke komputer.

 

Tidak hanya berfungsi sebagai perekam suara, ICR-XPS01MF juga dilengkapi dengan mp3 player dan FM radio sehingga sangat cocok bagi pribadi yang dinamis. Sound recorder ini juga memiliki daya tampung yang banyak karena dilengkapi dengan slot kartu microSD 2GB dan slot kartu microSDHC 2GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB.

 

Dengan fitur dan teknologi yang diberikan ini, Sanyo Xacti XPS01M (tanpa speaker) dibanderol dengan harga Rp 2 juta. Sedangkan Rp 2.450.000 merupakan harga untuk sound recorder lengkap dengan speakernya (Sanyo Xacti XPFSO1MF). Produk ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak 17 Juni kemarin melalui PT Datascrip.

 

(metriastria)